Dukung Industri Kreatif, Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 Belajar Buat Nyiru

LANDAK – Serma Ardiansyah, Anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 1201 Mempawah – Landak, berkunjung ke salah satu rumah warga di Dusun Keronang, Desa Tolok, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, (27/02/2021).

Kedatangan Serma Ardiansyah ini untuk belajar membuat Ngiru, wadah yang digunakan menampi beras dan terbuat dari anyaman rotan di rumah pengrajin Nyiru, Ersita.

“Menganyam Nyiru ini sesuatu yang baru buat kami, tadi kami diajari Ibu Ersita ternyata lumayan perlu konsentrasi. Ngiru ini produk usaha kreatif, dengan kami belajar membuatnya, kami menguatkan orang-orang bergerak pada sektor industri kreatif,” ungkap Serma Ardiansyah.

BACA JUGA:   TMMD 110/ Kodim 1201 Desa Tolok, Si Unyil Jadi Hiburan Pelajar

Dikatakan, Ngiru adalah produk usaha kreatif yang mengadopsi kearifan lokal masyarakat Desa Tolok. Masyarakat sejak dulu, membuat Nyiru untuk digunakan sendiri dan juga dijual sebagai penopang keuangan keluarga.

“Di masa pandemi, permintaan Nyiru berkurang. Kami sarankan agar Ibu Ersita mengemas Nyiru dengan kemasan lebih menarik, agar konsumen terpikat dengan kemasannya walaupun sebenarnya belum ingin membeli,” pungkas Serma Ardiansyah.

(pendim1201)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *