Opung Jumaga Terharu, SPS Kepri mau Berkunjung ke Kampungnya

BATAMCLICK.COM: Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak melepas rombongan Serikat Pekerja Pers (SPS) Kepri, yang akan berangkat ke Medan, Sumatra Utara, Sabtu (4/2/2023) siang.

Pelepasan yang dikemas silaturahmi tersebut digelar di Melawa Teh Tarik Belakangpadang, Kompleks KBC, Batamcenter. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Sekretaris DPRD Kepri, Martin Maromon, Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim, serta sejumlah pengurus SPS Kepri.

Meski cuaca hujan, silaturahmi tersebut berlangsung hangat, penuh dengan keakraban, diselingi senda gurau. Pasalnya, bagi SPS Kepri, Jumaga Nadeak atau yang lebih dikenal dengan panggilan Opung, bukanlah orang baru. Sebagian besar pengurus SPS merupakan “orang lama” di dunia jurnalistik dan telah lama mengenal Opung. Sebut saja, Marganas Nainggolan, Richard Nainggolan, Ramon Damora, dan lainnya. Bahkan Opung sendiri mengaku bahagia dan tersanjung SPS Kepri mengambil tagline Mulak tu Huta atau Pulang ke Kampung Halaman.

“Saya mengaku bangga dan tersanjung teman-teman mengambil tagline ini, Mulak tu Huta, Pulang ke Kampung,” kata Opung sambil menunjuk ke arah baju yang dipakainya yang memuat foto dirinya dengan tagline Mulak tu Huta. “Saya saja tak terpikir seperti ini,” Opung, merendah.

BACA JUGA:   PSPK untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat, Pengguna Anggaran Diingatkan Dapat Mengelola Secara Baik dan Profesional

Opung tetaplah Opung, yang selalu rendah hati. Sambil bergurau dia harap nantinya rombongan SPS Kepri tak nyasar jika pergi ke kampung halamannya di Samosir.

“Kampung saya jauh, tak masuk peta,” ujar Opung, disambut tawa. Meski demikian, dia berterima kasih pada SPS Kepri telah memasukkan agenda tersebut di sela-sela agenda SPS Kepri yang akan mengikuti Kongres Nasional SPS dan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatra Utara. Opung berdo’a perjalanan rombongan SPS Kepri berjalan dengan lancar dan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

“Saya ucapkan selamat jalan. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua,” kata Jumaga Nadeak.

Sementara, Ketua SPS Kepri, Ramon Damora menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak dan juga kepada Sekretaris DPRD Kepri, Martin Maromon yang telah bersedia melepas keberangkatan SPS Kepri untuk mengikuti Kongres SPS dan HPN di Medan, Sumut.

“Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kami dilepas oleh seorang tokoh Kepri yang berasal dari Sumut, Opung Jumaga Nadeak,” ujar Ramon.

BACA JUGA:   Jefridin Hadiri Gebyar Muharam 1445 Hijriah Kecamatan Batu Aji

Rombongan SPS Kepri kata Ramon, akan bertolak dari Bandara Internasional Hang Nadim, Minggu (5/2/2023). Dari agenda, SPS Kepri akan mengikuti Kongres Nasional SPS ke-26 yang akan berlangsung di Medan, Sumatera Utara, tanggal 7 hingga 8 Februari 2023, serta mengikuti puncak Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari yang juga digelar di Medan.

Di sela-sela agenda tersebut sebagai bentuk penghargaan pada Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, SPS Kepri akan melakukan kunjungan ke kampung halamannya di Samosir.

Sesuai dengan tagline, Mulak tu Huta
ada tiga makna yang terkandung di dalamnya. Pertama Pulang ke Kampung Halaman Pers. Pasalnya, Medan atau Sumatra Utara dikenal salah satu pelopor pers Indonesia. Sejak zaman penjajahan Hindia Belanda dunia pers telah berkembang pesat di Medan dan menjadi alat perjuangan mengusir penjajah.

“Di FGD PWI bersama komponen pers termasuk masyarakat pers Sumut terkuak, di Medan tahun 1885-1942 memiliki 130-an media koran, terbanyak di era kolonial Belanda,” ungkap mantan Ketua PWI Kepri, dua periode tersebut.

BACA JUGA:   Polisi Musi Rawas gelar baksos bersihkan fasilitas umum pasca-banjir

Kedua, karena ada banyak tokoh pers Kepri dan juga sebagai pengurus SPS Kepri yang berasal dari Sumut. Di antaranya Marganas Nainggolan, Richard Nainggolan dan lainnya.

“Makna ketiga ini yang paling penting, selain menyumbang tokoh pers, Medan atau Sumut juga menyumbang tokoh politik yakni Jumaga Nadeak atau yang lebih dikenal dengan panggilan Opung yang saat ini merupakan Ketua DPRD Kepri. Kiprah beliau luar biasa dan merupakan sahabat pers Kepri,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Marganas Nainggolan sebagai pembina SPS Kepri juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak dan juga pada Sekretaris DPRD Kepri, Martin Maromon yang telah hadir dan melepas keberangkatan rombongan SPS Kepri ke Medan. Marganas mendo’akan, Jumaga Nadeak dan Martin Maromon selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan dan silaturahmi ini terjaga,” kata Marganas Nainggolan.

Usai bersilaturahmi acara pelepasan rombongan SPS Kepri ke Medan, ditutup dengan sesi foto bersama.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *