Setelah Panen Padi Warga Tamansari Rotasi Tanam Kacang Hijau

Batamclick.com, Pati – Di tengah pandemic covid-19, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati banyak warga melakukan panen raya untuk komoditas padi. Desa Penerima program TMMD reguler ke 111 Kodim Pati itu memang saat ini banyak warga Tamansari yang berprofesi sebagai petani, tanaman padi merupakan pilihan mereka dalam mengolah tanahnya. Akan tetapi setelah melaksanakan panen ternyata para petani di desa Tamansari sudah siap-siap melakukan kegiatan tanam kembali tapi kali ini tidak langsung menanam komoditas padi tetapi merotasikannya dengan menanam kacang hijau.

BACA JUGA:   UIN Dukung Industri Keuangan Digital Melalui Kursus Internasional

Dalam kesempatan itu terlihat satgas TMMD membantu Sumirah (55) warga Dukuh Kemiri yang sedang menanam kacang hijau, Sertu Agung mengatakan jika warga desa Tamansari dalam mengolah tanah mereka selalu berganti musim jenis tanaman. “Saya membantu Ibu Sumirah disawahnya yang saat ini sedang ditanami kacang hijau setelah panen padi, katanya tanam rotasi seperti ini ada tujuannya yaitu dapat meningkatkan kesuburan tanah, memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar dan mampu memutus siklus hama dan penyakit pada tanaman,” jelasnya. Jum’at (02/07/2021)

Sementara itu, salah satu ketua gapoktan desa Tamansari Sumartono (51) yang bertemu tak jauh dari sawah Sumirah mengatakan, jika kegiatan rotasi atau pergiliran tanaman tersebut sebagai salah satu cara melakukan diversifikasi tanaman pangan. Hal tersebut juga untuk mendukung keberlanjutan pemanfaatan lahan pertanian sehingga produktivitas pangan dapat terjaga dengan baik.

BACA JUGA:   Babinsa Tamansari Aktif Dampingi Satgas PPKM Tingkat Desa

“Kacang hijau banyak di tanam di daerah kami dan harganya pun cukup bagus di pasaran,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *