Perkuat Kolaborasi untuk Sejahterakan Masyarakat, Marlin Road Show BBFW di Lingga

BATAMCLICK.COM: Inovasi dan kolaborasi, adalah kunci dari segala keberhasilan, khususnya dalam pembangunan daerah. Apalagi di dunia yang semakin global seperti saat ini.

Semangat inilah yang dibawa Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, dalam Road show Batam Batik Fashion Week (BBFW) 2022, di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (1/11/2022) malam.

Menurutnya, kolaborasi dan kerja sama akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa bagi kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah. Seperti dalam pengembangan potensi kerajinan daerah.

“Kolaborasi itu harus memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Di Dabo, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam ini, memang memperkuat kolaborasi dengan Kabupaten Lingga untuk pengembangan batik dan lainnya.

BACA JUGA:   Anggota Satgas TMMD Bantu Warga Cari Ramban Pakan Ternak

Kolaborasi itu dikemas dalam Road show BBFW 2022. Selain road show tersebut, selama dua hari di Dabo, Marlin sudah dipenuhi berbagai agenda. Seperti ke sekolah-sekolah, pelatihan tata rias, dan sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Wagub Marlin menyampaikan bahwa kolaborasi seperti hari ini merupakan simbiosis mutualisme bagi Kota Batam dan Kabupaten Lingga, untuk dapat bersama-sama mempromosikan kerajinan daerah, khususnya batik. Sehingga dikenal luas dan diminati berbagai kalangan, baik di Kepri, seluruh Nusantara, dan manca negara.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam tersebut, juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini juga akan menjadi wadah pengembangan dan penguatan pasar bagi pelaku ekonomi kreatif di Batam dan Lingga.

BACA JUGA:   Silahturahmi Guru TPQ, Imam dan Mubaligh Se-Kecamatan Batam Kota, Ini Pesan Wali Kota

Pemberdayaan ekonomi kreatif melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong ekonomi masyarakat, baik bagi Batam maupun Lingga.

𝗣𝗲𝗿𝗷𝗮𝗹𝗮𝗻𝗮𝗻 𝗣𝗮𝗻𝗷𝗮𝗻𝗴 𝗕𝗮𝘁𝗶𝗸 𝗕𝗮𝘁am

Wagub Marlin pun menceritakan perjalanan panjang batik Batam yang kini sudah semakin diminati banyak kalangan. Hingga ke manca negara, seperti Australia, Malaysia dan Singapura dan kini mulai masuk ke China.

Kreasi-kreasi yang dilakukan para pengrajin membuat batik batam juga diminati berbagai kalangan. Tak hanya orang tua, tapi ke kaum milenial hingga kreasi untuk anak-anak.

“Kami mendukung dan mendorong kreativitas itu. Apalagi ternyata memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan,” kata Ketua GOW Kota Batam ini.

Wagub Marlin berterima kasih dengan sambutan luar biasa masyarakat Lingga untuk road show ini. Kolaborasi yang dibangun juga ikut memperkuat silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat.

BACA JUGA:   Usai Dilantik, Nizar Disambut Tepung Tawar

Tampak hadir pada malam itu, Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, Ketua Dharma Wanita Persatuan Lingga Syahrul Bariah, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Lingga Azli, Ketua Piswan DPRD Lingga Marlina, Palaksa Danlanal Dabo Singkep Mayor Mar Saul Jamlaay, Kasi Intel Kejari Lingga Adhe Candra, Danpuslatpur Letkol Marinir Adid Wicaksono.

Dalam kunjungan ke Lingga kali ini Wagub Marlin didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kepri Ani Lindawati dan Kadis Pemberdayaan Perempuan Kota Batam Novi Harmadyastuti.(sky)