Euro 2020: Spanyol Sudah Layak Jadi Favorit Juara?

Batamclick:  
Meski memulai Euro 2020 dengan kurang meyakinkan, Spanyol mampu lolos hingga ke perempatfinal. Apakah La Furia Roja sudah layak menjadi favorit juara?

Spanyol selalu imbang di dua pertandingan grup pertamanya dengan hanya mencetak satu gol. Namun, di laga terakhir pasukan Luis Enrique tersebut ‘meledak’ setelah menggulung Slovakia untuk maju ke babak gugur sebagai runner-up Grup E.

Mental pemenang kembali diperlihatkan Spanyol untuk comeback sebelum mendepak Kroasia 5-3 di perpanjangan waktu. Sempat tertinggal karena gol bunuh diri Pedri, tim Matador berbalik mencetak tiga gol. Meski Kroasia kemudian bisa melahirkan dua gol lain untuk memaksakan pertandingan berlanjut.

BACA JUGA:   Komika Coki Pardede Ditangkap Polisi Terkait Kasus Narkoba

Pada akhirnya, Spanyol keluar sebagai pemenang berkat dua gol dari Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal untuk menghadapi tim kejutan Swiss di delapan besar.

Setelah Prancis, Jerman, dan Portugal tersingkir, Spanyol menjadi salah satu tim top yang tersisa selain Belgia, Inggris, dan Italia. Bek tengah Spanyol Aymeric Laporte mengabaikan pembicaraan soal label favorit kepada timnya. Namun, yang jelas Spanyol akan menjadi lawan yang sulit bagi tim manapun.

“Apa kami favorit juara? Aku tidak tahu apakah kami favorit atau tidak,” ungkap Laporte di Uefa.com. “Kami toh punya sebuah tim yang sangat bagus dan sudah bermain bagus selama beberapa pertandingan terakhir.”

BACA JUGA:   Silaturahmi dengan Perpat, Wagub Marlin Ajak Berperan Aktif untuk Pembangunan

“Kami adalah kelompok yang luar biasa, kami sulit dikalahkan, dengan sebuah catatan bermain bagus di laga-laga penting. Apa yang bisa kukatakan adalah kami punya gairah yang sangat besar untuk meraih lebih banyak kemenangan,” imbuh pemain Manchester City ini.

Laporte akan memimpin barisan lini belakang Spanyol saat menghadapi Swiss di Stadion Krestovsky, Saint-Petersburg, Jumat (2/7/2021) malam WIB. Satu tiket semifinal diperebutkan untuk berhadapan dengan pemenang duel antara Belgia vs Italia.