Marlin Ingin Tumbuhkan Enterprenuer dari Ibu-ibu

Batamclick.com, Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi terus mendorong lahirnya Entreprenuer, terutama dari kalangan ibu-ibu. Untuk itu, disiapkan pelatihan-pelatihan, yang komplit, sehingga mereka mendapatkan paket paket lengkap.

“Manfaatkan kesempatan ini. Tak ada kata terlambat. Mulailah saat ini juga, mulailah dengan langkah kecil,” kata Marlin di Fasum Perumahan Bambu Kuning, Kelurahan Bukit Tempayan Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Rabu (1/3).

Di Batuaji, Ketua TP PKK Kota Batam ini membuka Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Tahun 2023. Karena fokus pada ikan, Marlin pun akan menggelar pelatihan-pelatihan tentang pengolahan ikan, hingga pengemasan dan pemasaran.

BACA JUGA:   Apresiasi Mitra PMA, BP Batam Hadiri HUT PT. TEC Indonesia

Menurut Marlin, pihaknya memang fokus untuk mengembangkan usaha olahan ikan. Karena itu, dari sisi pengetahuan dasar harus ada. Seperti mulai dari mengenal teknik pengolahan agar menghasilkan sesuai standar.

Setelah itu, mereka harus mengenal bahan baku, juga bahan pembantu. Agar pencampuran bahan-bahannya menghasilkan produk yang enak.

“Manajemen mutunya harus ada,” kata Ketua PIKORI BP Batam ini.

Pengemasan juga, kata Marlin harus sesuai standar. Demikian juga dengan penyimpanan. Sehingga produknya bisa tahan lama. Setelah itu, pemasaran dan distribusinya juga dipelajari.

“Juga tentang harga, harus ditemukan yang pas. Mulai dari harga dasar, harga operasional, harga jual, sehingga mendapatkan keuntungan yang optimal,” kata Wagub Marlin.

BACA JUGA:   Rudi Silaturahmi Bersama Guru TPQ

Marlin pun minta kepada para suami untuk mendorong dan mensupport istri mereka ikut pelatihan ini. Untuk menambah ilmu dan pengetahuan, yang pasti ada manfaatnya.

Pada kesempatan itu, Ketua GOW Kota Batam ini juga mengingatkan pentingnya asupan gizi, terutama dari ikan untuk pencegahan dan penurunan angka Stunting. Walaupun Kepri, angka stunting nya rendah, tapi harus terus bergerak agar menjadi zero stunting.

“Perbanyak konsumsi ikan, perbanyak konsumsi makanan makanan berprotein,” kata Marlin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *