Ini yang Bikin Kepemimpinan Wansis-Rodial Dapat Apresiasi dari DPRD Kepri

Anggota DPRD Kepri Uba Ingan Sigalingging bersama Bupati Natuna Wan Siswandi (kanan) dan Wakil Bupati Natuana Rodial Huda.
Anggota DPRD Kepri Uba Ingan Sigalingging bersama Bupati Natuna Wan Siswandi (kanan) dan Wakil Bupati Natuana Rodial Huda.

BATAMCLICK.COM: Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kepri, Uba Ingan Sigalingging, memberikan apresiasi atas terobosan Pemkab Natuna dalam mencari peluang beasiswa bagi pelajar Natuna yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Saya salut dengan apa yang dilakukan oleh Pemkab Natuna. Mereka secara aktif mencari peluang beasiswa bagi warga Natuna ke beberapa perguruan tinggi dan institusi pemerintah yang menyediakan program pendidikan,” ungkap Uba.

Politisi Hanura ini melihat bahwa pendidikan di Natuna mengalami kemajuan di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Natuna saat ini. Meskipun masih terkendala dalam pengadaan fasilitas pendidikan karena keterbatasan anggaran, Natuna mampu melakukan upaya dan terobosan untuk memfasilitasi pelajar di Natuna agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA:   Atlet Timnas Futsal Meriahkan Open Turnamen Futsl KMG Cup II Karimun

Menurut Uba, beasiswa ini merupakan salah satu cara untuk membangun SDM. Dan menurut hematnya, Natuna harus dibangun melalui peningkatan SDM sehingga Natuna ke depan memiliki putra-putri daerah yang dapat dibanggakan untuk membangun wilayahnya.

Dikatakan Uba, terobosan yang dilakukan Pemkab Natuna dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Kepri untuk melakukan hal yang sama, yaitu memfasilitasi generasi mereka mendapatkan beasiswa di institusi pendidikan atau lembaga pemerintah/kementerian yang menyelenggarakan program pendidikan.

“Apa yang dilakukan Pemkab Natuna patut kita contoh. Inilah menurut saya keunggulan yang dimiliki Bupati dan Wakil Bupati Natuna. Mereka melakukan terobosan untuk menyiasati keterbatasan anggaran APBD agar putri-putri Natuna yang ingin melanjutkan pendidikan difasilitasi mendapatkan beasiswa,” ujarnya.

BACA JUGA:   Kepala BP Batam Minta Maaf Tak Bisa Hadiri Halalbihalal Dengan Masyarakat Rempang Galang

“Padahal kalau kita pikir, siswa-siswi SMA/SMK sederajat ini secara tanggung jawab bukan merupakan kewenangan Pemkab Natuna dan tidak masuk dalam program wajib pemerintah daerah,” tambah Uba.

Uba belum lama ini hadir di Natuna dalam rangka menghadiri kegiatan Komisi IV DPRD Kepri yang dirangkaikan dengan kegiatan peresmian SMA/SMK yang mendapatkan DAK di Kabupaten Natuna bersama Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Beberapa institusi dan lembaga pendidikan yang telah memberikan program beasiswa kepada putra-putri daerah asal Natuna antara lain adalah PEM Akamigas Cepu, PPNS (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya), Institut Teknologi PLN, dan Universitas Pertamina. Sedangkan yang sedang dalam proses MoU antara lain PPSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, AKMET Kementerian Perdagangan, Universitas Pertahanan RI, dan Politeknik Ketenagakerjaan Kemenaker RI.
“Kami berharap program beasiswa ini terus bertambah dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan SDM putri-putri Natuna agar ke depan diharapkan mampu membangun wilayah,” pungkas Uba.(lan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *