Ini Penyebab Cuaca di Kepri Panas Menyengat

BATAMCLICK.COM,Tanjungpinang – Peningkatan suhu udara di sebagian besar wilayah Kepulauan Riau dalam beberapa hari terakhir salah satunya disebabkan posisi matahari yang mendekati garis equator (garus katulistiwa).

“Sebagian besar wilayah Kepulauan Riau berada di jalur equator, sehingga penyinaran cahaya matahari ke wilayah ini lebih maksimum,” terang Miranda Putri Permatasari,Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi (BMKG) Tanjungpinang, Senin (1/3/2021), seperti dikutip laman resmi Diskominfo Kepri.

Selain itu, lanjutnya, kondisi cuaca yang cerah juga menjadi faktor lain mengakibatkan peningkatan suhu udara. Kondisi langit Kepulauan Riau yang minim bentukan awan mengakibatkan cahaya matahari lebih maksimum.

BACA JUGA:   Danlantamal IV Hadiri Kaji Ulang Dan Briefing Akhir Latopshantai Koarmada I TA 2021

Pengamatan BMKG Tanjungpinang, suhu udara rata-rata di sebagian besar wilayah Kepulauan Riau pada hari ini mencapai 31,33 derajat celcius, lebih rendah jika dibanding pertengah Februari 2021 yang bahkan mencapai 33 derajat celcius.

Menurut Miranda, kondisi dengan suhu cukup panas ini diprediksi masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan baru akan terjadi pada pertengahan hingga akhir Maret 2021.

“Karena itu kami mengimbau warga mewaspadai terjadinya kebakaran lahan dan hutan karena didukung angin kencang dan suhu panas,” ungkap Miranda.

BACA JUGA:   Visi Misi Gubernur Jadi Titik Fokus Gerak TP PKK

Sumber: BATAMTODAY