Cen Sui Lan Anggarkan Dana Aspirasi Rp 23 M untuk Peningkatan Jalan Panglima Dompak Tanjungpinang

Batamclick.com, Tanjungpinang – Tahun anggaran 2023 ini, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar mengalokasikan dana aspirasinya sebesar Rp23 miliar, untuk peningkatan Jalan Panglima Dompak, Kota Tanjungpinang. Dari Rp23 miliar Dana Jalan Inpres perjuangan Cen Sui Lan itu membikin Jalan Panglima Dompak Tanjungpinang mulus dan lebar.

Awal tahun 2023 lalu, Cen Sui Lan mendapat aspirasi dari masyarakat dan Pemerintah Kota Tanjungpinang, untuk meningkatkan jalan di dua lokasi. Yaitu, peningkatan jalan Nusantara-Cenderawasih serta jalan Panglima Dompak menuju jalan Jaya Kelana, Kota Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut diajukan Pemko Tanjungpinang. Saat itu, Hj Rahma menjabat Wali Kota Tanjungpinang mengirimkan Surat Permohonan kepada Cen Sui Lan sebagai Anggota Komisi V DPR RI. Surat Wali Kota Tanjungpinang tersebut perihal meminta rekomendasi dan persetujuan tentang usulan peningkatkan jalan di dua lokasi tersebut.

Cen Sui Lan pun menyetujui dan memberikan rekomendasi, agar dianggarkan lewat Dana Jalan Inpres tahun anggaran 2023 sebesar Rp60 miliar.

Untuk jalan Panglima Dompak menuju jalan Jaya Kelana dialokasikan anggaran Rp23 miliar dari dana aspirasi Cen Sui Lan. Jalan Panglima Dompak ini menghubungkan Jalan Lembah Asri Batu Sembilan ke Jalan Lintas Dompak-Kijang. Atau jalan utama dari Kelurahan Batu Sembilan menuju Kelurahan Dompak. Kini, kondisi Jalan Panglima Dompak menjadi mulus dan lebar.

BACA JUGA:   Semangat Luar Biasa Bangun Rumah Sendiri Di Program RTLH TMMD Kodim Pati

Sebelumnya, Jalan Panglima Dompak sebagai penghubung dari jalan Lintas Tanjungpinang-Kijang menuju arah Tanjungpinang Timur tersebut sempit dan kecil.

Hingga Kamis (30/11/2023), 90 persen badan jalan Panglima Dompak disulap menjadi lebar. Tak hanya itu, permukaan jalan juga halus dan mulus. Berbeda dengan kondisi sebelumnya. Berlubang dan banyak kerusakan.

“Proyek APBN untuk peningkatan Jalan Panglima Dompak itu, dari aspirasi Bu Cen Sui Lan itu senilai Rp23 miliar melalui Kementerian PUPR. Ini merupakan usulan Cen Sui Lan Anggota DPR RI,” kata Suhendri Royrik, warga di kawasan Jalan Panglima Dompak, Kota Tanjungpinang.

Suhendri mengungkapkan, dulu, jalan ini berlubang-lubang. Belum bagus. Agak sulit untuk dilalui. Kalau hari hujan, becek. Sekarang, dengan aspirasi Cen Sui Lan, peningkatkan sudah hampir selesai dikerjakan.

“Terasa bermanfaat bagi kami sebagai masyarakat di sini. Kami yang tinggal di sini merasa senang dan gembira. Karena jalan lintas dari Jalan Lembah Asri sana, sudah mulus menuju Dompak. Atau sebaliknya. terima kasih buat Bu Cen Sui Lan dan Pemko Tanjungpinang,” ucap Suhendri.

BACA JUGA:   DPRD Batam Sahkan Ranperda APBD Batam 2024 Sebesar Rp3,5 Triliun

Pada kesempatan lain, H Ajad warga di kawasan Jalan Panglima Dompak juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, sebelum jalan diaspal, pada malam hari, suasana sepi. Sekarang, Jalan Panglima Dompak sudah mulai ramai dilintasi. Fasilitas pendidikan agama (pesantren) di jalan ini, sudah terbantu.

“Jalan di tempat kami sudah bagus. Malah jadi jalan utama ke Dompak. Sudah ramai. Pagi, ramat saat waktu mau pergi kerja. Sampai malam dan subuh pun ramai dilalui,” ujarnya.

“Warung-warung pun di sini, sudah ramai dan berkembang. Ekonomi masyarakat mulai kembang. Jalan ini sangat membantu akses masyarakat di perumahan dan pemukiman warga la,” sambungnya.

Saat ini, PT Amanah Anak Negeri selaku kontraktor pelaksana proyek masih mengerjakan kegiatan peningkatan Jalan Panglima Dompak. Tak hanya mengaspal jalan. Pihak perusahaan juga membuat saluran parit. Agar air mengalir melalui drainase secara lancar.

Mei 2023 lalu, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meninjau Jalan Panglima Dompak.

Hadir saat itu Hj Rahma mantan Wali Kota Tanjungpinang, Zulhidaya Sekdako Tanjungpinang, Rusli Kadis PUPR Kota Tanjungpinang. Pada saat peninjauan jalan yang akan dibangun dengan Dana Jalan Inpres tersebut, rombongan Cen Sui Lan disambut warga dengan penuh kekeluargaan.

BACA JUGA:   Rudi Dinobatkan Sebagai Best Future Leaders 2023, Sukses Mempercepat Pembangunan Daerah

Saat itu, Cen Sui Lan menyampaikan, peningkatan jalan Nusantara-Cenderawasih serta jalan Panglima Dompak menuju jalan Jaya Kelana, Kota Tanjungpinang dialokasikan dana sekitar Rp60 miliar.

“Pembangunan dan peningkatkan jalan ini direalisasikan dari Dana Jalan Inpres tahun anggaran 2023 sebesar Rp60 miliar, pada batch (kelompok) 1 ini. Ya, kami ini kan berjuang di pusat memang untuk masyarakat,” tutur Cen Sui Lan.

Kini, Jalan Panglima Dompak Tanjungpinang sudah mulus dan lebar, dari aspirasi Cen Sui Lan melalui dana jalan Inpres sebesar Rp23 miliar.