Muhammad Rudi Motivasi Pengurus DMI Natuna dan Imam Masjid

Batamclick.com, Ranai : Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepri Muhammad Rudi melakukan kunjungan silaturahmi dengan pengurus DMI Kabupaten Natuna dan Ormas Islam di Natuna.

Kedatangan Muhammad Rudi di Natuna pada pekan lalu untuk silaturahmi sekaligus memberikan motivasi pentingnya mengelola masjid dan musala dengan sepenuh hati. Mengelola masjid dan musala merupakan tugas yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat.

Walikota Batam itu juga menceritakan kisahnya membangun masjid Sultan di Batuaji karena ingin mengabadikan kebijakan untuk kemaslahatan umat Islam di kawasan Batuaji dan Sagulung yang sebelumnya tidak memiliki masjid seperti masjid Sultan saat ini.

BACA JUGA:   Wali Kota Dukung Penuh Batam Tuan Rumah Jamselinas 2023

Dengan hadirnya masjid Sultan tentu memudahkan pekerja swasta untuk menunaikan ibadah salat Jumat dan salat wajib lainnya. “Mereka tidak terburu buru lagi,” ujar Rudi di depan ratusan pengurus masjid dan musala di Ranai pekan lalu.

Melalui APBD Batam, Muhammad Rudi memberikan bantuan insentif kepada imam imam masjid masjid dan musala. Bahkan di tahun 2022, tokoh agama yang dianggap turut serta membangun Batam diumrahkan gratis oleh Pemko Batam. Sebelum Covid 19, ulama ulama di Batam juga diberangkatkan Umrah ke Mekkah.

Sebagai ketua DMI Kepri, Rudi meminta Ketua DMI Natuna Izhar untuk mendata di mana saja pemukiman yang tidak memiliki masjid. “Data perumahan mana saja. Nanti kita bantu secara gotong royong pelan pelan kita bangunkan masjid atau mushalla,” ujar Rudi.

BACA JUGA:   Wagub Bali Puji Infrastruktur Batam

Sedangkan menurut Ketua DMI Natuna, Izhar sudah lama pengurus DMI Natuna merindukan kehadiran Muhammad Rudi di Natuna.

“Sesungguhnya kami rindukan Pak Rudi ke Natuna. Alhamdulillah sudah bisa bertatap muka secara langsung dengan ketua DMI Kepri,” kata Izhar.

Dia menyampaikan di Natuna ada 118 masjid dan 114 mushalla. Izhar menyebutkan ada beberapa kategori masjid saat ini di Natuna. Kategori pertama masjid dalam proses pembangunan, kedua ada dalam proses perbaikan, ketiga kondisi masjid normal, dan kategori keempat sudah selesai pembangunannya. Cuma belum dapat dilakukan ibadah maksimal.

BACA JUGA:   IPENG, ASN Disbudpar Kota Batam harumkan Batam Peraih Medali Emas di Cabor Biliar pada Porprov Kepri V 2022

“Besar harapan kami, kehadiran DMI Kepri membawa masjid masjid di Natuna dan Kepri dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kemasyarakatan. Bukan hanya ibadah di masjid,” ujarnya.

Bupati Natuna Wan Siswandi yang hadir di acara tersebut menyatakan pihaknya mengajak pegawai Natuna secara bergiliran untuk memakmurkan masjid di Natuna. “Kita punya masjid besar, maka kita juga yang harus memakmurkan masjid masjid di Natuna ini,” kata Wan Siswandi. * ria