Upacara Hari Lahir Pancasila Kabupaten Cilacap, “Pancasila Bersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”

Cilacap – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., bersama Forkopimda Cilacap melaksanakan upacara di Alun-Alun Cilacap. Upacara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, TNI, Polri, pelajar, dan instansi pemerintah, Sabtu (01/06/2024).

Dalam upacara yang berlangsung khidmat tersebut, Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, A.P., M.M., bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) Yudi Wahyudi, bahwa Presiden Pertama Republik Indonesia yang juga seorang Proklamator, Soekarno, memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI)

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Bersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″, tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ujar Awaluddin Muuri saat membacakan sambutan Kepala BPIP.

BACA JUGA:   Bupati, Dandim dan Kapolres Cilacap Tinjau Posko PPKM Mikro di Kelurahan Gunungsimping

Dalam momentum Hari Lahir Pancasila ini, pemerintah mengajak komponen bangsa dimanapun berada bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Dalam sambutan ini juga, Awaluddin Muuri membacakan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

BACA JUGA:   Sebaran Covid-19 Mengganas, Satgas TMMD Gencar Lakukan Penertiban Prokes

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia”, kata Pj. Bupati.

Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Lebih dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” sambung Awaluddin Muuri.

BACA JUGA:   Angkong Sangat Membantu Satgas TMMD di Pengecoran Jalan

Terakhir, Awaluddin Muuri membacakan ajakan Kepala BPIP kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutup Awaluddin Muuri mengakhiri pembacaan sambutan yang juga ditandai dengan berakhirnya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.


(Pendim)