Jefridin : Selamat HUT ke-104 Damkarmat, Terimakasih Atas Pengabdiannya

Batamclick.com – Tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) yang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 dahulunya dikenal nama Brandweer.

Peringatan HUT tersebut telah menjadi agenda rutin nasional Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan setiap tahunnya yang tercantum dalam prasasti Tanda Peringatan Brandweer Batavia 1919–1929”, oleh sebab itu pada hari ini dilakukan upacara sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja pertugas Damkarmat.

Tahun 2023 mengambil tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangguh, Rakyat Tumbuh, Indonesia Maju”. Diikuti oleh 119 Bupati/Walikota se-Indonesia.

“Mudah-mudahan Damkarmat dengan usia yang ke-104 tahun ini dapat lebih profesional dan solid, sehingga mendapatkan kepercayaan publik khususnya di Kota Batam dalam memberikan pelayanan yang prima sesuai Panca Dharma (tugas pokok dan fungsinya),” ujarnya.

BACA JUGA:   Rudi Gesa Penyelesaian 37 Kampung Tua

Hal ini disampaikan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi hadir pada upacara HUT Damkarmat ke-104 digelar terpusat di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Pada moment ini, Jefridin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Anggota Damkarmat karena sudah bekerja dengan baik dalam mengemban tugas-tugas, serta memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Saya mewakili Bapak Wako Batam Muhammad Rudi mengucapkan terimakasih atas pencapaian selama ini yang ikhlas membantu warga khususnya Kota Batam yang tidak mengenal waktu siap melayani masyarakat sesuai dengan motto Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu atas nama Wali Kota Muhammad Rudi, ia mengajak seluruh masyarakat Kota Batam untuk melakukan gerakan perang terhadap kebakaran, dengan mengedepankan tindakan pencegahan terhadap kebakaran.

BACA JUGA:   Hadiri Serah Terima Jabatan Dandim, Rudi Sebut Kerjasama Forkompinda Sukseskan Pembangunan

“Jika terjadi musibah kebakaran, tentu sangat merugikan, baik korban jiwa dan harta benda,” imbuhnya.

Terlebih kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dapat menimbulkan bencana asap yang berdampak terhadap kesehatan serta aspek lainnya.

“Karena itulah pentingnya peran bersama dalam proses mendukung pembangunan daerah, melalui penciptaan rasa aman dan perlindungan terhadap masyarakat,” tuturnya.

Ia juga menghimbau kepada petugas Damkarmat Kota Batam untuk terus tingkatkan skill yang merupakan kunci profesional.

“Mari kira tetap melayani masyarakat dengan hati, disamping pengetahuan, skill dan lain sebagainya yang paling terdepan adalah pelayanan. Jika mampu melayani maka seorang pegawai itu sangat baik,” tegasnya.

Pada upacara tersebut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bertindak selaku inspektur upacara, menyampaikan Damkarmat lahir karena kebutuhan masyarakat, hal itu karena ada ancaman kebakaran.

BACA JUGA:   BP Batam Gelar Sayembara Desain Masjid Nongsa dan Musholla Taman Kolam

Maka itu Damkarmat memiliki peran yang sangat penting tidak hanya bertugas memadakan kebakaran semata, tapi juga penyelamatan.

“Selamat HUT Damkarmat ke 104, jangan berhenti untuk berlatih,” kata Tito.

Seusai upacara dilanjutkan penyerahan piala Firefighter Skill Competition (NFSC 2023) yang diikuti 50 tim dari 37 kabupaten/kota, merupakan kompetisi aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan pemerintah daerah tingkat nasional.

Untuk juara umum dimenangkan oleh Kabupaten Bogor dan Juara Favorit Umum diraih Kota Makasar, penyerahan piagam dan piala diserahkan langsung Mendagri Tito Karnavian.

Dilanjutkan penyerahan piala pemenang kategori flying house dari Kabupaten Bogor 2, Kabupaten Bogor 1 dan Kota malang. Sedangkan pemenang kategori Brave Heart (survival) dari Kabupaten Bogor 1, Kota Bandung 2 dan Kota Padang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *