Jefridin : Remaja Berperan Penting dalam Pencengahan Stunting

Batamclick.com, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid mengajak para remaja untuk berperan aktif dalam pencegahan stunting di Kota Batam.

Hal itu disampaikan Jefridin Hamid, saat mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi pada acara sosialisasi promosi dan pelembagaan GENRE bagi PIK Remaja di Kota Batam.

“Para remaja berperan penting dalam pencegahan stunting. Hal ini karena remaja merupakan kelompok yang memiliki andil besar dalam menghasilkan keturunan di masa depan,” kata Jefridin di Asrama Haji, Selasa (31/1/2023).

Angka stunting di Kepri menurut SSGI tahun 2022, yaitu 15,4 % dan untuk Kota Batam 15,2%. Meski begitu, kita semua kata Jefrdin tetap punya kewajiban untuk mengakhiri stunting di Kepri dan Kota Batam.

BACA JUGA:   Badan Usaha BP Batam Paparkan Capaian 2021 dan Target 2022

“Khususnya, sehingga Batam benar-benar zero stunting. Melalui pengukuhan Duta Genre,” katanya.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat menambah ilmu untuk menurunkan stunting di Provinsi Kepri sehingga bisa mengendalikan angka stunting dengan baik. Targetnya tentu 1 tahun menjelang tahun 2024 angka stunting sudah mampu mencapai angka 0 persen.

Untuk anak anak yang hari ini dikukuhkan sebagai Duta Genre Tingkat Kelurahan, tentunya kalian memegang peran penting sebagai Public Relation (PR) program Bangga Kencana yang mempunyai tugas untuk menyosialisasikan berbagai program yang digagas oleh pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

BACA JUGA:   Terbawa Nafsu, ABG Ini Nekat Cabuli Anak Dibawah Umur

“Sebagai Duta Genre harus memiliki pemahaman yang luas berkaitan dengan kesehatan alat reproduksi, antisipasi penyalahgunaan narkoba, pernikahan usia dini dan upaya-upaya menghindari seks bebas serta harus paham bagaimana untuk mencegah terjadinya stunting,” jelasnya.

Pada kesempatan yang bersamaan ini, BKKBN akan melakukan Talksow Tentang Kita. Tema pada Talkshow kali ini, “Peran Remaja Sebagai Garda Terdepan Penurunan Stunting Melalui Pendewasaan Usia Perkawinan”.

“Melalui talkshow ini, tentunya pemerintah berharap dapat memberikan edukasi dan informasi yang bermanfaat bagi remaja sebagai generasi penerus bangsa,” jelasnya.

BACA JUGA:   Rudi Tinjau Vaksinasi di Vihara Duta Maitrey

Dengan adanya edukasi mengenai konsep berkeluarga serta anak-anak, remaja diharapkan dapat menjadi orangtua yang memiliki keturunan sehat dan anti stunting. Jadi, keterlibatan remaja dalam pencegahan stunting ini sangat penting untuk diperhatikan.

“Agar kita dapat bahu membahu dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan pembangunan Kota Batam demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang. Tanpa adanya kebersamaan seluruh mitra kerja maka upaya upaya yang kita jalankan tidaklah akan berhasil dan bermanfaat secara maksimal,” kata Jefridin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *