Pemkab Bangka Barat tingkatkan keterampilan pelaku UMKM

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan keterampilan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar semakin berdaya saing.

“Untuk kali ini, kita gelar pelatihan keterampilan seni meracik dan menyeduh kopi beserta ragam variannya, kita berharap para peserta semakin terampil dalam penyajian menu, sehingga usaha yang dijalankan semakin berkembang,” kata Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat Madirisa di Mentok, Babel, Minggu.

Pelatihan kepada sebanyak 25 orang pelaku UMKM itu diharapkan bisa memberikan wawasan dan keterampilan meracik, menyeduh, dan mengembangkan menu berbahan dasar kopi.

BACA JUGA:   Anggota Satgas TMMD Kodim Pati Juga Sosialisai Rekrutmen TNI dan Komcad Matra Darat

Kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para peserta dalam pembuatan kopi agar ke depan memiliki daya saing yang tinggi.

“Bisnis di bidang kuliner dan ekonomi kreatif masih sangat menjanjikan dan jika dilakukan secara tekun bisa membuat ekonomi semakin baik,” katanya.

Pelatihan tersebut diikuti para pelaku UMKM yang telah menggeluti di bidang minuman, sehingga dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan bisa memberi bekal untuk meningkatkan kualitas menyeduh kopi dan inovasi untuk menyajikan menu-menu baru di kedai masing-masing.

Selain keterampilan dalam penyajian, para peserta juga diberikan keterampilan tata cara persiapan, pengenalan mesin dan pengenalan berbagai jenis kopi nusantara.

BACA JUGA:   Suga BTS Sang Pencetak Rekor, MV 'Daechwita' Capai 300 Juta Views

“Kami harapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan motivasi bagi para peserta dan berdampak pada peningkatan usaha yang dijalankan para pelaku UKM,” katanya.

Sumber : Antara