Perda Pemakaman Batam: DPRD Tetapkan Enam Lokasi Baru

BATAMCLICK.COM: DPRD Kota Batam, melalui Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah (Pansus Ranperda) Pemakaman, mengadakan pembahasan kedua bersama tim Pemerintah Kota Batam. Pembahasan ini menandai langkah maju dalam perencanaan pemakaman di kota tersebut.

Udin P. Sihaloho, Ketua Pansus Ranperda Pemakaman, mengungkapkan bahwa pemerintah telah menetapkan enam lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) seluas 146 hektar. “Kami telah mempertimbangkan lokasi-lokasi ini dengan cermat, memastikan kesesuaian dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Batam,” kata Udin, setelah rapat pada Rabu (29/05/2024).

Lokasi yang diusulkan meliputi Sei Temiang, Tiban, Tanjung Piayu, Tembesi, Sambau, dan Sei Panas. Udin menambahkan, “Kami berkomitmen untuk mengatur pemakaman di daerah Hinterland tanpa diskriminasi. Pemko Batam telah menyatakan bahwa lahan wakaf di daerah tersebut akan dirawat, menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap pemakaman.”

BACA JUGA:   Kebut Pengerjaan Rabat Beton Jalan Penghubung Desa Tamansari

Dengan optimisme, Udin menekankan pentingnya menyelesaikan pembahasan dalam 45 hari, meskipun ada perkembangan dan penambahan pasal. “Ini adalah masalah sosial yang tidak menimbulkan tantangan besar, selain penggunaan lahan hutan yang dipinjam dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Pemerintah pusat telah menyetujui penggunaan lahan, namun Udin menegaskan perlunya menjaga agar lahan hutan lindung yang dialokasikan untuk pemakaman tidak beralih fungsi ke pihak ketiga.

Penulis: ElinEditor: Abim