Pemkab Aceh Besar bekali petani dan penyuluh tentang iklim

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika membekali para petani dan penyuluh di daerah setempat tentang iklim lewat kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tematik tahun 2024.

“Kabupaten Aceh Besar merupakan sentra tanaman padi, pengetahuan tentang iklim sebagai faktor pembatas pertumbuhan tanaman yang perlu dipahami oleh petani dalam bercocok tanam,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar di Kuta Malaka, Kamis.

Ia menjelaskan transfer pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang bercocok tanaman bagi petani perlu lebih ditingkatkan, sehingga petani lebih paham yang pada akhirnya dapat meningkatkan produksi padi.

BACA JUGA:   Ini Kronologi Sopir Truk Bunuh 2 Perempuan Muda lalu Diperkosa

Ia menyebutkan penyelenggaraan SLI Tematik yang mengusung tema “Jaga Alam, Jaga Iklim, Jaga Kita” tersebut, diikuti 50 peserta dari Balai Penyuluh Pertanian, Petani Milenial dan Tim Penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar.

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan Anggota Komisi V DPR RI Irmawan dan BMKG Provinsi Aceh, sehingga Sekolah Lapang dapat terselenggara,” katanya.

Anggota Komisi V DPR-RI H Irmawan mengatakan Sekolah Lapang menjadi sarana penting untuk memberikan informasi bagi para petani yang menanam komoditas selain padi, seperti petani coklat dan kopi.

“Ilmu tentang iklim dan cuaca juga penting disampaikan kepada masyarakat pesisir, terutama kepada para nelayan, sehingga memiliki pengetahuan yang baik tentang cuaca dalam mengambil keputusan melaut,” katanya.

BACA JUGA:   Tangkap Kurir Narkoba, Polisi Sita Sabu Senilai Rp 600 Juta

Sumber : Antara