Pembangunan SWRO Melalui Aspirasi Cen Sui Lan di Pulau Penyengat Rampung

Batamclick.com, Tanjungpinang – Program pembangunan sea water reverse osmosis (SWRO) atau alat pengolahan air laut menjadi air bersih, dari aspirasi Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, sudah terealisasi. Kini, tinggal penyambungan jaringan ke rumah warga.

Tahun 2021 lalu, Cen Sui Lan mendapat aspirasi besar dari Pemko Tanjungpinang. Yaitu, revitalisasi Pasar Baru I dan Pasar Baru II Tanjungpinang, serta pembangunan SWRO di Pulau Penyengat.

Pada pertengahan tahun 2021 pula, Cen Sui Lan langsung menyampaikan program tersebut kepada Kementerian PUPR, dalam RDP dengan Dirjen Cipta Karya.

Cen Sui Lan meminta agar revitalisasi Pasar Baru di Kota Tanjungpinang serta pembangunan SWRO di Pulau Penyengat, segera diakomodir dan direalisasikan.

BACA JUGA:   Instansi Lintas Sektoral Siap sukseskan Program TMMD Reg.111 kodim Pati

Kepada Ir Diana Kusumastuti MT selaku Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Cen Sui Lan menyampaikan, Pemko Tanjungpinang sudah menyiapkan semua aspek yang diperlukan, untuk kelancaran revitalisasi Pasar Baru I dan Pasar Baru II di Tanjungpinang.

Selain revitalisasi Pasar Baru Tanjungpinang, Cen Sui Lan juga menyampaikan tentang pembangunan SWRO atau pengolahan air bersih di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Karena, di Pulau Penyengat itu sangat krisis air.

Saat itu, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir Diana Kusumastuti MT menyatakan, untuk pasar baru I dan pasar baru II di Tanjungpinang, tim Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR sudah melakukan join surveinya. Antara Kementerian PUPR dengan Kementerian Perdagangan RI.

BACA JUGA:   Pemko Batam bersama Lanal Batam Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

“Kalau untuk pembangunan SWRO di Pulau Penyengat, kegiatannya mudah-mudahan sudah masuk dialokasi pada tahun anggaran 2022. Karena saat ini, kami sedang konsultasi regional, usulan-usulan ini sudah kami tampung untuk dialokasikan tahun 2022 nanti,” tambah Dirjen Cipta Karya.

Dengan demikian, pembangunan SWRO di Pulau Penyengat tersebut, selesai pada tahun anggaran 2023. Kini, program pembangunan SWRO di Pulau Penyengat tersebut, sudah terealisasi atau sudah selesai.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri melakukan Kunjungan Kerja untuk meninjau SPAM SWRO Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Senin (27/11/2023).

BACA JUGA:   Peluncuran Motor Terbaru Honda CB150X

Turut mendampingi Cen Sui Lan dalam peninjauan SWRO Pulau Penyengat itu, Rudi Chua Anggota DPRD Provinsi Kepri sekaligus sebagai koordinator program Cen Sui Lan untuk wilayah Kota Tanjungpinang, dan Rusli Kadis PUPR Tanjungpinang.

“Kunjungan Kerja ke Pulau Penyengat ini dilaksanakan untuk melihat kesiapan, dalam program untuk penyambungan 262 SR baru. Dalam program air bersih bagi warga Pulau Penyengat tahun anggaran 2024 nanti,” kata Cen Sui Lan.

“Peninjauan ini, untuk melihat langsung program SWRO yang merupakan aspirasi dari Cen Sui Lan sejak tahun anggaran 2021 lalu. Sekaligus melihat kebutuhan dari pelaksanaan SWRO di Tanjungpinang,” tutur Cen Sui Lan menambahkan.