PUPR benahi kawasan kumuh Pekanbaru melalui DAK senilai Rp6 miliar

BATAMCLICK.COM : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembenahan kawasan kumuh Perkampungan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp6 miliar.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Pekanbaru, Mardiansyah, Rabu mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam Program Perkampungan Terintegrasi dan akan menjadi percontohan di Provinsi Riau. Saat ini lelang sudah dilakukan dan akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Anggaran proyek percontohan ini sekitar Rp6 miliar. Pemerintah pusat menyelesaikan kawasan kumuh. Saat ini sudah dalam tahapan lelang, bulan depan sudah bisa bekerja,” katanya.

BACA JUGA:   TMMD ke-111 Dibuka Oleh Bupati Kedepankan Protokol Kesehatan

Kawasan kumuh itu nanti dibenahi dengan fasilitas yang saling terintegrasi. Di antaranya rumah layak huni, pembenahan jalan lingkungan, penyediaan air bersih, penyediaan hidran, dan pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK).

Dengan program ini diharapkannya kawasan kumuh bisa berkurang di Pekanbaru yang mencapai 198 Hektare (Ha). Ada empat kelurahan yang menjadi prioritas untuk dibenahi dan selain Meranti Pandak, ada Tirta Siak, Lembah Damai, dan Kampung Baru.

Mardiansyah menambahkan sebelum program itu dilakukan pihaknya bersama TNI Angkatan Darat juga melakukan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kelurahan Meranti Pandak. Rincian pekerjaan TMMD terdiri dari semenisasi jalan sebanyak enam ruas dan saluran drainase sebanyak tujuh ruas.

BACA JUGA:   KemenPPPA: Study tour hak anak peroleh pendidikan di luar kelas

Panjang jalan disemenisasi sepanjang 950 meter dan lebar 2-2,5 m serta saluran drainase yang dibangun yakni 1.111 m. Kemudian ada juga renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) lima unit, pengecatan rumah 55 unit, pemasangan Lembayung Melayu sebanyak 110 rumah, dan pembagian bantuan sosial di sembilan kegiatan penyuluhan.

Sumber : Antara