Pemkot Jakpus selenggarakan bursa kerja untuk turunkan pengangguran

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menyelenggarakan bursa kerja (job fair) yang merupakan pertama kalinya pada 2024 di Mal Thamrin City, Kecamatan Tanah Abang untuk menurunkan angka pengangguran.

“Kegiatan bursa kerja ini merupakan salah satu yang berkontribusi terhadap penurunan tingkat pengangguran. Target yang diharapkan pada bursa kerja ini adalah menuntaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta Hari Nugroho di Jakarta, Rabu.

Hari menyebut tren data pengangguran terus menurun, mulai tahun 2022 sekitar 6 persen, lalu di 2023 7 persen dan di tahun 2024 ini sekitar 5,8 persen. Total sebanyak 40 perusahaan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA:   Wagub Marlin Dedikasikan Penghargaan untuk Anak-anak Kepri

Job Fair tahap pertama tahun 2024 ini dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa (28/5) hingga Rabu (29/5). Setiap harinya kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

“Tersedia 2014 lowongan kerja dari 40 perusahaan yang berpartisipasi dalam job fair kali ini,” ujar Hari.

Hari juga mengimbau kepada pencari kerja di wilayah Jakarta Pusat untuk dapat menambah keterampilan diri dengan masuk pada Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD).

“Di Jakarta Pusat itu ada namanya PPKD yang mana mendidik anak-anak yang semula tanpa keahlian jadi memiliki keahlian hingga 15 kejuruan. Nanti setelah dididik mereka mendapatkan sertifikat dan bisa dipakai untuk melamar pekerjaan. Para pencari kerja bisa terlebih dahulu menimba ilmu di sana secara gratis,” jelas Hari.

BACA JUGA:   Marlin Ajak Ketua RT dan RW untuk Vaksinasi

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Nakertransgi Jakarta Pusat Noviar Dinariyanti menyebut, sebanyak 40 perusahaan itu bergerak di berbagai bidang seperti retail, otomotif, shipping, jasa keuangan, jasa keamanan, dan perusahaan penyalur jasa lainnya.

Pencari kerja yang memenuhi kualifikasi dan mendaftar nantinya akan melalui tahapan sesuai dengan proses penerimaan pegawai dari masing-masing perusahaan.

Novi berharap, kegiatan job fair ini bisa mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

“Kami menargetkan setiap harinya dikunjungi sebanyak 1.500 orang. Sehingga total dua hari ini semoga bisa mencapai 3.000 pencari kerja datang,” kata Novi.

BACA JUGA:   Kemenkumham Kaltim gencar dampingi legalitas UMKM melalui HAKI

Sumber : Antara