FESyar Sumatera 2024: Pesta Ekonomi Syariah Memperkuat Kebangkitan UMKM di Batam

Batamclick.com, Batam – Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P Joewono, bersama Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, resmi membuka Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Sumatera 2024 di Harbour Bay, Batam. Acara pembukaan pada Senin (27/5/2024) ini menandai dimulainya pameran UMKM yang menampilkan kekayaan produk syariah dari seluruh Sumatera.

Pemotongan pita oleh para pejabat menandai dimulainya pameran yang menghadirkan 112 UMKM syariah kuliner dan non-kuliner. Produk-produk ini berasal dari 13 wilayah regional Sumatera, termasuk Kepulauan Riau, Aceh, dan Sumatera Barat, hingga Lampung dan Sibolga.

Suryono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau, menekankan pentingnya FESyar 2024 dalam memperkuat ekonomi syariah di Sumatera. “Kami berharap event ini dapat menjadi titik sinergi untuk meningkatkan ketahanan ekonomi syariah,” ucapnya.

BACA JUGA:    Kecewa Dengan Paket Berbuka Puasa “THE HARRIS RAMADAN” Di Harris Hotel Batam Center

Dari Aceh hingga Lampung, stand-stand UMKM memamerkan produk unggulan mereka. Kopi gayo dari Aceh, rendang kemasan dari Sumatera Barat, dan kebaya sulam usus yang unik dari Lampung adalah beberapa contoh produk yang ditawarkan.

Mariani, pemilik Azzuri Snack, mewakili UMKM Kepulauan Riau dengan produk olahan seafood yang inovatif. “Tulgi, kerupuk dari tulang ikan tenggiri, adalah produk unggulan kami tahun ini,” ungkap Mariani. Azzuri Snack, yang telah dibina oleh Bank Indonesia sejak 2018, kini telah berkembang menjadi bagian dari Industri Kreatif Syariah Indonesia (Ikra).

BACA JUGA:   Mahalnya Jati TPK, Jati Kampung Menjadi Solusi Pengusaha Mebel

Kesimpulan:
FESyar Sumatera 2024 tidak hanya menjadi ajang pameran produk UMKM, tetapi juga simbol kebangkitan ekonomi syariah yang berkelanjutan di wilayah Sumatera.

Penulis: ElinEditor: Abim