Sinar Danandjaya Resmi Jabat Kepala OJK Kepri, Siap Dorong Pertumbuhan Ekonomi

BATAMCLICK.COM:- Sinar Danandjaya secara resmi dilantik sebagai Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepulauan Riau. Acara pelantikan berlangsung di Ballroom Radisson Hotel Convention Center, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (28/06/2024).

Penyerahan berkas pelantikan dilakukan langsung oleh Kepala OJK sebelumnya, Rony Ukurta Barus, yang telah memimpin OJK Kepri selama empat tahun dan kini dipindahkan ke Bali. Sinar sebelumnya bertugas di OJK Semarang dan kini akan bertugas di Kepulauan Riau.

Anggota Dewan Komisioner OJK, Agusman, yang hadir dalam acara tersebut, menyatakan harapannya agar Sinar Danandjaya mampu memimpin OJK Kepri dan berkontribusi dalam mendorong peningkatan ekonomi daerah melalui sektor keuangan.

“Beliau pernah bertugas di Gorontalo, Papua, Surabaya, dan terakhir di Jawa Tengah. Kami berharap beliau sukses di Batam,” ujar Agusman dalam sambutannya.

BACA JUGA:   Kepala BP Batam Minta Maaf Tak Bisa Hadiri Halalbihalal Dengan Masyarakat Rempang Galang

Ia menambahkan, keberhasilan tugas dan fungsi OJK di daerah sangat tergantung pada kolaborasi dan sinergi dengan seluruh stakeholder serta profesionalisme dan integritas.

“Pimpinan OJK harus mampu menjalin komunikasi yang baik dan kerjasama yang kuat untuk menciptakan lingkungan kerja kondusif, inovatif, dan produktif demi mendorong pertumbuhan sektor keuangan daerah dan perekonomian secara keseluruhan,” jelasnya.

Agusman juga menjelaskan kinerja perekonomian daerah, khususnya sektor keuangan, sebagaimana dipaparkan oleh Gubernur Ansar Ahmad. Pada April 2024, kredit perbankan tercatat mencapai Rp49,45 triliun, dan piutang perusahaan pembiayaan mencapai Rp5,43 triliun dengan pertumbuhan 16 persen.

“Dari sektor pegadaian, pertumbuhan yoy mencapai 16,37 persen dengan nilai minimal Rp1 triliun. Data peer to peer lending (pinjol) di Kepri mencapai setengah triliun dan terus meningkat sesuai kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Reg 111 Kodim Pati Terus Kebut Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

Sinar Danandjaya menyatakan kesiapannya untuk berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di daerah guna memajukan pertumbuhan ekonomi dan menjaga sistem keuangan. Ia menekankan pentingnya pengawasan dan pengaturan sektor jasa keuangan di wilayah Kepulauan Riau.

“Kami akan terus berupaya agar pertumbuhan ekonomi Kepri lebih baik,” ujar Sinar kepada media.

Sinar juga menekankan pentingnya literasi keuangan bagi masyarakat Kepulauan Riau. Ia menyatakan bahwa edukasi keuangan akan menjadi salah satu prioritasnya agar masyarakat dapat mengambil keputusan yang bijak dalam mengelola keuangan mereka.

“Edukasi keuangan adalah prioritas kami. Kami ingin memastikan masyarakat memahami produk dan layanan keuangan dengan baik,” jelas Sinar.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengucapkan selamat kepada Sinar Danandjaya dan berharap OJK dapat mengawasi kinerja perbankan dan keuangan di Kepri dengan lebih baik.

BACA JUGA:   Edan! Cewek 19 Tahun Tega Cemplungkan Bayinya Sendiri ke Sungai

“Selamat datang di Kepulauan Riau, bumi Melayu. Pertumbuhan ekonomi Kepri saat ini sangat baik,” ujar Ansar.

Gubernur Ansar juga mengungkapkan sejumlah proyek infrastruktur strategis yang sedang dan akan dijalankan di Kepulauan Riau, termasuk pembangunan jalan, pelabuhan, serta pengembangan kawasan industri dan pariwisata.

“Infrastruktur yang memadai akan menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi kita. Kami berkomitmen untuk terus mempercepat pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Kepulauan Riau,” ungkap Ansar.

Pertumbuhan ekonomi Kepri mencapai 6,5% pada kuartal kedua tahun 2024, angka yang jauh di atas rata-rata nasional. Sektor manufaktur dan industri pengolahan mencatatkan pertumbuhan tertinggi, diikuti oleh sektor pariwisata yang terus menunjukkan peningkatan kunjungan wisata

Penulis: ElinEditor: Abim