Dinas Perpustakaan Maluku geliatkan literasi perpustakaan keliling

BATAMCLICK.COM : Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Maluku menggeliatkan layanan literasi melalui perpustakaan keliling yang menjangkau seluruh desa di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah.

“Upaya menggeliatkan literasi melalui program layanan perpustakaan keliling yang menjangkau sekolah maupun perpustakaan desa, di tahun 2024 akan dilakukan di 279 titik di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah, ” kata Pustakawan Ahli Madya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Maluku, Prescella Pelupessy, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, tahun 2024 sebanyak 279 titik yang harus dijangkau di antaranya perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa melalui perpustakaan desa binaan.

BACA JUGA:   Gakkum KLHK Tidak Jujur Kejati Kepri Belum Tahu Ada Hasil Putusan Pra Peradilan MT Tutuk yang Dimenangkan PT. PNJNT

Sebanyak tiga mobil perpustakaan keliling dilengkapi fasilitas koleksi buku, audio visual dan akses internet yang dapat dimanfaatkan siswa dan masyarakat.

“Tiga mobil perpustakaan menjangkau tiga tingkatan pendidikan yakni SD, SMP dan SMA, ke setiap sekolah dengan waktu operasional mulai pukul 09.00- 13.30 WIT, ” katanya.

Sementara untuk mengisi libur sekolah di bulan Juni dan Juli, perpustakaan keliling akan dialihkan ke desa, negeri dan kelurahan di Kota Ambon dan Maluku Tengah.

“Kita akan berkoordinasi dengan aparat desa untuk menentukan lokasi perpustakaan keliling agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat saat libur sekolah, ” katanya.

BACA JUGA:   Amsakar Hadiri Orientasi Tim Pendamping Keluarga Stunting

Ia menyatakan, di bulan Juni dan Juli sebanyak 30 titik yang akan dijangkau mobil perpustakaan keliling, dimulai dari negeri Liang hingga Latuhalat.

“Kita berupaya untuk mengembangkan literasi dan kembalikan minat baca masyarakat khususnya para siswa, ” katanya.

Ia mengakui, minat masyarakat perpustakaan keliling cukup tinggi, khususnya untuk anak Sekolah Dasar.

“Walaupun minat kunjungan ke perpustakaan daerah menurun, kita bersyukur perpustakaan keliling cukup baik. Harapannya layanan ini akan terus berjalan dengan inovasi yang lebih menarik, ” ujarnya.

Sumber : Antara