BPS Catat Pencapaian Ekonomi Kota Batam Meningkat 7,04 Persen

Batamclick.com, Batam – Pencapaian Ekonomi Kepulauan Riau khususnya kota Batam sebesar 7,04 persen pada tahun 2023 naik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut di sampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Agus Kadaryanto.

Dikatakan Agus,pencapaian ini membuat kota Batam unggul jauh dari Provinsi Kepri yang tumbuh 5,20 persen dan nasional 5,02 persen.

“Kota Batam nomor satu dan tertinggi se Nasional. Ini capaian yang luar biasa dibanding tahun 2022 lalu,” ujar Agus usai kegiatan Forum Perangkat Daerah kota Batam di lantai 4 Aula Kantor Wali Kota Batam, Rabu (28/2/2023).

Lanjut Agus, Batam tercatat capaian perekonomian tertinggi dari kabupaten lainnya. Batam cukup tinggi 7,04 persen, ini sangat menimbulkan efek positif bagi perkembangan ekonomi di Batam. 
 
Kontribusi positif ini jelas efeknya, seperti meningkatnya pendapatan perkapita yang jelas naik juga tahun ini.

BACA JUGA:   Peringati Hari Adhyaksa ke 61, Kejari Batam gelar Vaksin Massal

Keadaan perekonomian beberapa sektor akan tumbuh, karena pertumbuhan ekonomi ini. Ia menambahkan ada beberapa sektor yang cukup tinggi.
 
Diantaranya yaitu, sambung Agus, sektor penyediaan akomodir makan dan minum menjadi sektor paling menonjol di tahun 2023 lalu. Dikarenakan Batam merupakan kota wisata banyak kunjungan dan wisatawan yang datang.

” Banyaknya wisman yang datang ke kota Batam sebesar 110 persen dibanding tahun 2023, ini sangat menyokong pertumbuhan ekonomi kota Batam. Karena wisman ini banyak kontribusi dan efek positifnya. Bisa kuliner, perhotelan, pusat perbelanjaan, transportasi dan lainnya. Hal ini yang mendorong ekonomi tumbuh positif dan baik di tahun lalu,” jelas Agus.

BACA JUGA:   Arsenal Masih Percaya Kepada Mikel Arteta

Sementara Walikota Batam, H.M Rudi mengatakan pertumbuhan ekonomi yang baru saja disampaikan adalah kabar baik bagi Batam. Pertumbuhan ekonomi ini adalah hal yang menunjukkan kemajuan Batam di tahun 2023.

“Alhamdulillah progresnya baik. Tahun 2022 lalu pertumbuhan ekonomi kita 6,84 persen, dan tahun 2023 ini adalah 7,04 persen. Ini harus terus ditingkatkan, begitu juga dengan tahun ini, harus ada upaya yang lebih baik lagi,” ungkap Rudi.

Dikatakan Rudi, pencapaian ini merupakan kerja bersama, yang sudah membantu meningkatkan ekonomi ini. Investasi juga menjadi salah satu yang harus terus dikejar. Sehingga perputaran uang lebih banyak di Batam ini. 
 
“Untuk membuat investor mau ke Batam harus disiapkan dulu infrastrukturnya, dan itu selama lima tahun belakang ini sudah kami coba bangun, serta dapat kita rasakan manfaatnya,” tutur Rudi.