Ikatan Keluarga Besar Lampung Gelar Pelatihan Organisasi Pada Pengurus

Batamclick.com, Batam – Ikatan Keluarga Besar Lampung (IKBL) Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan kegiatan Peningkatan kapasitas organisasi yang diikuti jajaran pengurus organisasi masyarakat IKBL dalam upaya mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Kepri yang bertempat di Lantai 1 Hotel Zia Boutiqe, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada para anggota terkait beberapa materi yang diberikan dna  juga bentuk silaturahmi kepada para anggota.

Dalam acara ini  disejalankan dengan acara silaturahmi sesama anggota ini juga dibahas terkait penguatan organisasi dari semua lini.

Acara melibatkan perwakilan pengurus IKBL di Tingkat Kota Batam yang terdiri dari 9 Kecamatan  antara lain, Kecamatan Seibeduk, Kecamatan Batuaji, Kecamatan Sagulung, Kecamatan Bengkong, Kecamatan Batuampar, Kecamatan Lubukbaja, Kecamatan Batamkota dan Kecamatan Nongsa.

Sementara itu dari unsur sayap IKBL beberapa perwakilan berasal dari Persaudaraan Komunitas Perantau asal Lampung (P KOPRAL Batam), Persatuan Jawa Lampung (PERJAPUNG), Persatuan Anak Rantau Asal Lampung (PARAL) , dan Komunitas Lampung Batam (KLB) . 

Acara ini  dengan menghadirkan Kepala Badan Kesbangpol Propinsi Kepri Heri Mokhrizal SH MH, yang memberikan paparan tentang tugas dan fungsi Ormas di Kepri (termasuk IKBL ) dalam upaya ikut membantu percepatan pembangunan di Propinsi Kepri.     

Pemateri berikutnya yaitu Utari Kusuma Ningrum dari BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam yang dilanjutkan dengan kegiatan pemateri dari Yusuf SMn MM, Anggota DPRD Kepri yaitu tentang Upaya Pengembangan IKBL Kepri kedepan. Yusuf SMn MM adalah salah satu sesepuh dan juga Pembina IKBL Kepri yang diminta untuk memberikan paparan materi untuk pengurus.

BACA JUGA:   Guardiola Banjir Sanjungan

Ketua Umum IKBL Propinsi Kepri, Erwin Sentosa dalam jumpa pers mengatakan jajarannya bertekad  mengajak seluruh anggotanya untuk aktif mendukung percepatan pembangunan di Kepri melalui kegiatan sosial yang sudah menjadi agenda kerja tahunan dari IKBL Kepri . Saat ini , kata Erwin Sentosa, ada sekitar 6.000- an anggota IKBL di Kepri yang siap bekerja sama mendukung kegiatan sosial yang dicanangkan.

Erwin menyebut salah satu tujuan digelarnya acara yang masih dalam agenda program kerja tahunan, pengurus ingin  menyatukan ide dan pikiran melalui kegiatan bimbingan teknis yang digelar di hotel ZIA Boutique, Sungai Panas Kecamatan Batam Kota.  

Dijelaskan Erwin, kegiatan ini  diperlukan karena pengurus harus kembali mengeratkan dan mempersatukan langkah dalam ide dan serta gagasan agar misi paguyuban untuk membantu sesama masyarakat ini kembali berjalan dengan.

Erwin Sentosa menyebutkan  sudah dua tahun yang lalu  vakum karena pandemi COVID-19 tentunya berpengaruh dengan kekompakan sesama pengurus ataupun anggota. Maka saat ini pihaknya kembali menyatukan langkah dan gerak untuk membuat IKBL Kepri kembali beraksi.

BACA JUGA:   Doa Bersama Iringi OPD Kota Batam Tuntas Vaksin COVID-19 ke 2

“Misi paguyuban ini untuk program sosial. Tidak saja untuk masyarakat asal Lampung. Semua masyarakat Batam dan organisasi sayap IKBL akan kita rangkul. Kita ingin kembali bergerak sehingga kawan-kawan pengurus harus kembali kompak dengan ide dan pikiran,” ujarnya.

Sekretaris IKBL Kepri Teguh Joko Lismanto menambahkan, untuk kelancaran konsolidasi sesama pengurus dan anggota IKBL ini, IKBL Kepri telah memfasilitas mesin Cetak Kartu Tanda Anggota (KTA) dan siap melayani anggota dalam pembuatan KTA.

“Pembuatan KTA ini sebagai tanda keseriusan dan kecintaan setiap anggota untuk bergabung dalam IKBL sesuai dengan wilayah. Kami  menyediakan KTA yang salah satu fungsinya, selain melakukan pendataan, juga  akan memastikan keanggotaan dan keterlibatan dalam paguyuban. Selain itu KTA ini juga akan berfungsi  mengawasi aktifitas anggota agar tetap berjalan sesuai dengan Peraturan Organisasi (PO) yang sudah ada. 

Untuk  memiliki KTA ini, lanjut Taguh warga Batam asal Propinsi Lampung bisa berkoordinasi dengan IKBL Pengurus Kecamatan (IKBL PK) atau datang langsung ke Sektretariat IKBL di Sekretariat IKBL Kepri .   

Mereka cukup mengisi formulir yang sudah disiapkan, difoto ditempat serta administrasi pencetakan KTA Rp15 ribu.      

BACA JUGA:   Dengan Keuletan dan Kerja Teliti Akan Tercipta Rumah Yang Ideal

“KTA ini dilengkapi dengan barcode dimana langsung terhubung website IKBL Kepri. Website ini juga menyuguhkan informasi yang penting dan akurat seputar IKBL sehingga angggota IKBL tidak terjebak dengan berita hoax ataupun hal-hal yang menghambat lainnya, ” ujar Teguh.

Soal pembuatan KTA, warga Lampung bisa langsung datang ke sekretariat IKBL untuk diambil foto dan mengisi data di formulir yang sudah disiapkan. 

Even ini diisi juga dengan paparan lengkap tentang BPJS Kesehatan antara manfaat dan kegunaannya disampaikan oleh Utari Kusuma Ningrum.

Di pamungkas ada materi yang disampaikan Yusuf SMn MM anggota DPRD Kepri yang juga sebagai sesepuh dan pembina IKBL Kepri. Paparan yang disampaikan adalah tentang tujuan dan fungsi organisasi dan upaya pengembangan IKBL Kepri kedepan.