LPPD Jatim sosialisasi program beasiswa tingkatkan kualitas pendidikan

BATAMCLICK.COM : Lembaga Pengembangan Pesantren dan Diniyah (LPPD) Provinsi Jawa Timur mensosialisasikan program beasiswa yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan di Indonesia.

Ketua LPPD Jatim Abdul Halim Soebahar dalam keterangan yang diterima di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan bahwa sosialisasi program beasiswa tersebut memberikan pemahaman terkait berbagai jenis beasiswa yang tersedia hingga tata cara pengusulan.

“Peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai jenis beasiswa yang tersedia, tata cara pengusulan serta pelaporan akademik dan keuangan untuk tahun anggaran 2024 berbasis daring atau online,” katanya.

BACA JUGA:   Kerja Tim Yang Solid Diperlukan Dalam Pemenuhan Tandon Air Dilokasi

Halim menjelaskan peserta yang mengikuti program tersebut adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) mitra penyelenggara beasiswa serta Ma’had Aly di Jawa Timur. Dalam kesempatan itu juga disampaikan informasi tentang beasiswa S1 di Universitas al-Azhar, Mesir.

Menurutnya, ada sebanyak 44 perguruan tinggi dan 3 Ma’had Aly mitra penyelenggara beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang turut serta dalam kegiatan tersebut. LPPD Jawa Timur, berupaya untuk meningkatkan layanan program beasiswa.

Peningkatan layanan program beasiswa tersebut, lanjutnya, mencakup sisi akuntabilitas pengelolaan dana beasiswa, serta penggunaan sistem informasi dan aplikasi yang bisa mempermudah penyelenggara beasiswa oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

BACA JUGA:   Wagub Marlin Hadiri Ranperda Pajak Daerah & Retribusi Daerah

“Kami dari LPPD Jatim ingin terus meningkatkan kualitas layanan program beasiswa, baik dari segi akuntabilitas pengelolaan dana beasiswa, serta penggunaan sistem informasi dan aplikasi yang dapat mempermudah penyelenggara beasiswa oleh PTKI/ Ma’had Aly mitra,” katanya.

Salah satu poin utama dalam sosialisasi tersebut, menurutnya, adalah terkait penggunaan aplikasi Sistem Informasi dan Manajemen Beasiswa (SIMBA) LPPD Jatim. Peserta diharapkan memahami penggunaan aplikasi guna mempermudah proses administrasi beasiswa.

Selain itu, sosialisasi tentang jurnal Ma’had yang diterbitkan secara berkala sejak 2024 oleh LPPD Jatim. Hal tersebut bertujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan para penerima beasiswa tentang perkembangan terkini dalam bidang keilmuan serta publikasi karya ilmiah.

BACA JUGA:   Alhamdulillah Pekerjaan Selesai, Air Bersih Kembali Mengalir

Diharapkan dengan berbagai kegiatan dan langkah sosialisasi yang diselenggarakan oleh LPPD Jawa Timur, para peserta dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Sumber : Antara