BATAMCLICK.COM : Pelatih penjaga gawang Persebaya Surabaya Benyamin van Breukelen menyakini Ernando Ari Sutaryadi akan lebih semangat saat menghadapi Uzbekistan U-23 pada babak semifinal Piala Asia U-23 di Doha, Qatar, pada Senin (29/4).

“Saya rasa, semangatnya akan semakin timbul dan lebih tinggi lagi, karena saya tahu seorang Ernando,” ucap coach Benny, sapaan akrabnya, di Surabaya, Sabtu.

Menurut pelatih keturunan Belanda tersebut, sejauh ini penampilan apik Ernando merupakan buah dari hasil latihan dia sehari-hari, baik di Persebaya maupun di tim nasional (timnas).

“Iya luar biasa penampilan Ernando dan itu buah dari latihan dia. Kalau latihan dia tidak menyerah anaknya, benar-benar mental baja, seberat apapun latihannya paling cuma teriak-teriak saja, dia punya fisik sangat luar biasa, salut sama dia,” kata pelatih yang pernah berseragam Niac Mitra Surabaya itu.

BACA JUGA:   Polda Kepri Amankan 1200 Karung Barang Seken Singapura

Meskipun saat ini tidak bisa melihat secara langsung, namun dirinya selalu memberi wejangan dan semangat lewat pesan singkat.

“Saya selalu kirim pesan lewat WhatsApp, kasih semangat dan ingatkan jaga fisik, dan dia selalu merespon,” tuturnya.

Wejangan yang diberikan pelatih kelahiran Mei 1963 itu juga mengenai bagaimana menendang bola saat penentuan adu penalti.

“Pesan saya semisal saat waktu itu Piala AFF dia gagal menendang penalti, saya kasih tahu dia, tidak usah pakai teknik lagi saat penalti, karena kamu (Ernando) sudah jatuh bangun menahan penalti, sudah pakai tenaga saja, tidak usah pakai teknik-teknik lagi, akhirnya kemarin saya lihat dia shooting saja itu bola, jadi tidak ada pakai teknik-teknik, itu yang saya ingatkan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Restorative Justice, Mukul Wanita Pakai Kayu, Pria Ini Dilepas Kacapjari

Oleh karena itu, dirinya berharap agar penjaga gawang asal Semarang tersebut tidak merasa terbebani pada laga semifinal Piala Asia U-23 melawan Uzbekistan.

“Saya harap tidak ada beban bagi dia karena targetnya sudah tembus, dari 16 besar, delapan besar, sekarang sudah masuk semifinal,” tuturnya.

Tim nasional Indonesia U-23 menciptakan sejarah dengan menundukkan Korea Selatan sekaligus mengamankan tiket semifinal setelah menang adu penalti 11-10 dalam pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/4) dini hari WIB.

Pemenang pertandingan harus ditentukan dengan adu penalti setelah kedua tim imbang 2-2 selama 120 menit bertanding.

BACA JUGA:   Head to Head Porto Vs Liverpool: Si Merah Dominan

Selain itu, Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang bermain di semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar menyusul satu wakil lainnya yang mencapai perempat final, Vietnam, gugur di tangan Irak dengan skor 0-1.

Sumber : Antara