Sambut Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Imigrasi Batam Gelar Upacara hingga Bakti Sosial

Batamclick.com, Batam – Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi Ke-74, Seluruh pegawai ASN dan PPNPN di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-74, Sabtu (27/01/2024) pagi ini.

Dipimpin oleh Inspektur Upacara, Rizky Yudhaikawira, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, seluruh peserta upacara turut menyaksikan penayangan video tentang sejarah singkat Imigrasi Indonesia.

“Ini adalah momentum bagi kita bersama untuk mengingat bagaimana perkembangan Imigrasi Indonesia yang sudah mencapai usia tujuh puluh empat tahun,” ujar Rizky Yudhaikawira.

Tujuh puluh empat tahun yang lalu, tepatnya tanggal 26 Januari 1950 merupakan peristiwa bersejarah bagi Lembaga Keimigrasian di Indonesia. Pada tanggal tersebut, telah terjadi serah terima jawatan Imigrasi oleh pemerintah Hindia Belanda kepada Indonesia.

Setiap tahunnya, Direktorat Jenderal Imigrasi beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Imigrasi dan Rumah Detensi Imigrasi di seluruh wilayah Indonesia selalu memperingati Hari Bhakti Imigrasi dengan beragam kegiatan.

BACA JUGA:   Duet Cak Imin-Prabowo Dinilai Cukup Menjual di Pilpres 2024

Pada kesempatannya, Rizky Yudhaikawira juga menyemangati seluruh pegawai ASN dan PPNPN Kanim Batam untuk semakin dewasa dan matang dalam memajukan organisasi.

” Sepanjang bulan Januari ini, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah mengadakan beragam kegiatan yang melibatkan seluruh pegawai dan masyarakat,” terang Rizky.

Di awal Januari (04/01/2024) yang lalu, Imigrasi Batam telah mengundang masyarakat dalam program Layanan Paspor Simpatik setiap Sabtu melalui kanal media sosial. Layanan ini berlangsung selama tiga minggu berturut-turut dan telah berakhir pada hari Sabtu kemarin (20/01/2024).

Sementara pada minggu ini, Senin (22/01/2024) yang lalu, seluruh pegawai ikut berpartisipasi pada kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan di Aula Kanim Batam.

BACA JUGA:   Persaudaraan Antara Satgas TMMD dan Warga

Sejumlah petugas medis profesional didatangkan secara langsung. Para pendonor melibatkan ASN dan PPNPN Imigrasi Batam yang telah memenuhi syarat donor darah. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan kunjungan sosial ke beberapa Panti Sosial dan Pondok Pesantren di Kota Batam.

Selanjutnya, Upacara Tabur Bunga Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 dilaksanakan di Taman Makan Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gerbang Kota Batam pada Rabu pagi (24/01/2024). Upacara ini dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Samuel Toba yang juga merupakan Inspektur Upacara.

Bersama para pegawai pejabat administrator, pejabat pengawas, dan perwakilan JFU dan JFT, para peserta lain yang turut menemani adalah ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan dan perwakilan dari Kanim Belakang Padang.

Dijadwalkan program Jalan Sehat Bersama juga akan berlangsung Sabtu besok (27/01/2024). Dengan bergaya 90’s Sporty Outfit, seluruh pegawai Imigrasi bersama keluarga direncanakan akan jalan sehat melewati rute kawasan Batam Center.

BACA JUGA:   INFOGRAFIS: Mendukung Keterwakilan Perempuan pada Pemilu 2024

Sebelumnya, Kantor Imigrasi Batam juga telah mengadakan lomba voli dan turnamen Mobile Legend antar bidang sebagai pengikat silaturahmi dan kekeluargaan antar pegawai di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.