DPRD Batam jadi Rujukan Kebijakan Berbagai Instansi

BATAMCLICK.COM: DPRD Kota Batam di bawah nakhoda Nuryanto SH,MH kerap menjadi rujukan penerapan kebijakan dari berbagai instansi dan DPRD Kabupaten serta Kota seluruh Indonesia.

Sepanjang Juni 2024 ini saja, sudah dua DPRD Kota yang berkunjung ke DPRD Batam untuk menyerap ilmu atau studi banding. Ditambah lagi, jajaran manajemen Bank BTN Kepri juga bertandang untuk menjalin kerja sama dan menyerap ilmu.

DPRD Kota Dumai Belajar Soal Sinergi antara DPRD Batam dan Pemo Batam

Pada Kamis, 13 Juni 2024, Ketua Komisi III DPRD Kota Batam, Haji Djoko Mulyono SH MH, menyambut kunjungan kerja (kunker) sejumlah anggota DPRD dari Kota Dumai, Provinsi Riau. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas sinergi pemerintahan dengan Forkompimda dalam mendukung program pembangunan. Diskusi berlangsung di ruang rapat pimpinan DPRD Kota Batam.

Rombongan DPRD Kota Dumai dipimpin langsung oleh Ketua mereka, Supriyanto. Dia didampingi oleh beberapa anggota Dewan dan staf sekretariat.

Djoko menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi dengan para Forkompimda agar tercipta sinergi yang kuat dalam pelaksanaan program pembangunan. Dia juga menyampaikan perlunya koordinasi yang harmonis dengan forkompimda, terutama di level pimpinan.

“Tahun ini, kita berencana menghibahkan pembangunan rumah susun (rusun) untuk anggota Polri di Polresta Barelang,” ungkap Djoko.

Selain itu, pertemuan ini membahas tugas-tugas yang harus segera dituntaskan menjelang akhir masa bakti anggota DPRD periode 2019-2020. Djoko memaparkan beberapa ranperda yang sedang dibahas oleh DPRD dan diusahakan untuk diselesaikan oleh anggota DPRD periode ini.

BACA JUGA:   Blue Fire Premium di Mall Part Avenue Orchard Park Layani Wedding, Berikan Diskon Spesial

Pertemuan berakhir dengan pertukaran cinderamata antara kedua belah pihak. Djoko mengucapkan terima kasih atas kunjungan rekan-rekan DPRD Kota Dumai ke Kota Batam, sembari berharap mereka menikmati suasana kota dan memohon maaf jika ada pelayanan yang kurang berkenan.

DPRD Soppeng Belajar Pengawasan Terhadap Pengembangan Kawasan Industri dan Pemukiman

Pada Selasa, 25 Juni 2024, DPRD Kota Batam menjadi tujuan kunjungan kerja (kunker) dari DPRD berbagai daerah. Kali ini, DPRD Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsesl), berkunjung khusus untuk mempelajari bagaimana anggota Dewan mengawasi keseimbangan pengembangan kawasan industri dan pemukiman.

Kunker DPRD Soppeng dipimpin oleh Ketua Komisi II, Hj Andi Wahda SE. Dia didampingi oleh beberapa anggota Komisi dan staf Sekretariat DPRD Soppeng. Kedatangan mereka disambut oleh Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Muhammad Yunus Muda.

Muhammad Yunus membuka pertemuan dengan menyampaikan selamat datang kepada rekan-rekan DPRD Kabupaten Soppeng. Dia juga memberikan gambaran singkat tentang pembangunan Kota Batam, termasuk eksistensi Pemko Batam dan BP Batam yang saling mendukung dari segi anggaran pembangunan. Kota Batam juga mencatat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi daripada provinsi dan nasional.

BACA JUGA:   Asus Kenalkan Seri Terbaru Laptop ROG di Batam, Dibekali Hardware dan Teknologi Paling Canggih

Hj Andi Wahda kemudian memperkenalkan rekan-rekannya dan menyatakan keinginan untuk memahami peran DPRD Kota Batam dalam mengawasi perkembangan kawasan industri dan pemukiman. Dia menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara pertumbuhan industri dan pemukiman.

Muhammad Yunus menjelaskan bahwa pengembangan industri di Batam berbeda dengan banyak daerah industri lainnya di Indonesia. Di Batam, industri muncul terlebih dahulu, baru pemukiman dikembangkan, berbeda dengan daerah lain yang biasanya mengalami pertumbuhan pemukiman sebelum industri.

Untuk mendukung perencanaan kawasan, Yunus menyebut bahwa Batam telah menetapkan Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) serta rencana detail tata ruang (RDTR). Selain itu, DPRD Kota Batam juga mengeluarkan Perda Nomor 2 Tahun 2024 tentang Penempatan Tenaga Kerja, yang memberikan prioritas bagi tenaga kerja lokal.

Yunus menegaskan bahwa industri merupakan penopang utama perekonomian Batam, termasuk industri manufaktur, galangan kapal, dan industri pariwisata. Dia mendukung upaya menjadikan Batam sebagai pusat sport tourism.

Diskusi melibatkan berbagai hal, termasuk tugas-tugas anggota DPRD. Hj Andi Wahda mengakui kesan positifnya terhadap pembangunan yang pesat di Kota Batam. Pertemuan ditutup dengan foto bersama dan pertukaran cinderamata.

Ketua DPRD Kota Batam dan Manajemen BTN Bahas Peluang Produk Perbankan

Pada Rabu, 6 Juni 2024, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto SH MH, menerima kunjungan silaturrahmi dan audiensi dari manajemen Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Batam. Selain berdiskusi, pertemuan ini membahas berbagai peluang produk perbankan yang dapat dimanfaatkan oleh anggota DPRD Kota Batam.

BACA JUGA:   Terus Berlanjut, Giliran Warga Lubukbaja Terima Sertifikat Tanah dari HMR & Marlin

Jajaran manajemen BTN yang datang bersilaturrahmi dipimpin oleh Wahyudi Gusti Aritonang, Kepala BTN Kantor Cabang Utama Batam. Dia didampingi oleh dua pejabat BTN lainnya. Mereka disambut oleh Ketua DPRD Nuryanto, Wakil Ketua III DPRD Ahmad Surya, dan Sekretaris DPRD Ridwan Afandi S.STP., M.Eng.

“Terima kasih atas kunjungan silaturrahmi dari BTN. Tadi banyak program bantuan dan pengelolaan keuangan yang ditawarkan. Ada banyak produk yang bisa dikolaborasikan. Ini dapat dimanfaatkan oleh rekan-rekan di DPRD. Kami berharap pengelolaan keuangan ke depan akan semakin baik dan lebih mudah diakses,” singkat Cak Nur setelah pertemuan tersebut.

Wahyudi juga mengucapkan terima kasih atas sambutan dari Ketua dan Sekretaris DPRD Kota Batam. Dia menyadari banyak potensi dalam aspek bisnis bagi anggota DPRD dan seluruh pegawai DPRD.

“Kami berharap dapat memberikan layanan yang baik kepada anggota Dewan dan seluruh pegawai, termasuk pemberian kredit bersubsidi, KPR bersubsidi, payroll, dan berbagai bentuk kolaborasi dalam pengelolaan keuangan,” ungkapnya.(*)