BPBD telusuri sumber kabut asap di Mukomuko

BATAMCLICK.COM : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sampai sekarang masih mencari sumber kabut asap yang menyelimuti sebagian wilayah Kecamatan Kota Mukomuko pada Rabu pagi.

“Sampai sekarang kami masih mencari sumbernya, dalam artian apakah itu kebakaran hutan atau fenomena alam,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ruri Irwandi di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu setelah melihat kondisi sebagian wilayah di Kecamatan Kota Mukomuko yang mulai diselimuti kabut asap pada Rabu pagi, namun belum diketahui penyebabnya.

BACA JUGA:   Lukaku Kandidat Kuat Top Skor Liga Champions

Pihaknya juga sampai sekarang belum menerima laporan dari pihak kecamatan maupun desa bahwa ada kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya.

Meskipun daerah ini mulai memasuki cuaca musim panas, namun untuk fokus kegiatan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) belum ada sampai sekarang.

“Kami sampai sekarang belum dapat surat dari pihak BPBD Provinsi Bengkulu meskipun daerah ini sudah mulai memasuki musim kemarau, tetapi belum dapat surat,” ujarnya.

Ia mengatakan kalau ada surat edaran dari BPBD Provinsi Bengkulu tentang pencegahan karhutla, maka surat dari provinsi akan disosialisasikan kepada masyarakat.

BACA JUGA:   Cinta Tak Direstui Berujung Tersebar Video Mesum Selebgram Garut

Kemudian, katanya, untuk persiapan peralatan mencegah karhutla yang ada di instansinya, yakni peralatan yang sudah digunakan sebelumnya untuk pemadaman kebakaran dan lahan.

“Kami punya mesin pompa air, tetapi belum maksimal, cuma peralatan ini hanya berfungsi untuk memadamkan kebakaran,” ujarnya.

Selain itu, katanya, untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan, ada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yang terlibat seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Warga Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko Muklis mengatakan terkejut setelah melihat kabut asap menyelimuti wilayah ini Rabu pagi sekitar pukul 05:00 WIB sampai pukul 07:00 WIB.

BACA JUGA:   Polisi Bekuk Anggota Geng Motor yang Viral Bawa Celurit

Kabut asap yang menyelimuti wilayah desa ini, katanya, membuat jarak pandang menjadi pendek dan aroma kabut asap ini juga busuk.

Sumber : Antara