11 negara sudah pastikan langkahnya ke babak 16 besar Euro 2024

BATAMCLICK.COM : Sebanyak 11 negara, Jerman, Swiss, Spanyol, Italia, Inggris, Denmark, Slovenia, Austria, Prancis, Belanda, dan Portugal sudah memastikan langkahnya melaju ke babak 16 besar Euro atau Piala Eropa 2024 Jerman, Rabu.

Dari Grup A, ada Jerman dan Swiss yang sudah memastikan diri melaju ke babak fase gugur setelah keduanya menjadi juara dan runner-up grup dengan tujuh poin dan lima poin.

Masih dari Grup A, potensi meloloskan tiga negara juga masih terbuka apabila Hungaria dengan tiga poin dan selisih gol minus tiga berhasil menjadi salah satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Dari Grup B, dua negara besar Spanyol dan Italia menjadi dua wakil yang lolos. Spanyol yang sempurna sudah memastikan langkah ke 16 besar pada dua laga pertama.

Sementara untuk Italia, mereka berjuang keras untuk lolos sebagai runner-up setelah memetik satu poin penting dari gol menit-menit akhir Mattia Zaccagni saat melawan Kroasia.

BACA JUGA:   Tangkal Sebaran Covid-19, Serda Sukarji Bagian Masker Gratis Kepada Anak-anak

Beralih ke Grup C, Inggris keluar sebagai juara grup dan lolos ke fase gugur ditemani Denmark sebagai runner-up dan Slovenia sebagai salah satu peringkat tiga terbaik.

Slovenia dipastikan lolos karena memiliki tiga poin dan selisih gol nol. Torehan ini sudah lebih baik dari dua tim di peringkat ketiga yang sudah memainkan tiga laga yaitu Hungaria dengan tiga poin dan selisih gol minus tiga serta Kroasia dengan dua poin dan selisih gol minus tiga.

Dari Grup D, kejutan terjadi ketika Austria lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan enam poin, mengungguli Prancis yang lolos sebagai runner-up dengan lima poin dan Belanda yang lolos sebagai salah satu peringkat tiga terbaik dengan empat poin.

BACA JUGA:   Marlin: Istri Harus Jadi Supporting System Bagi Suami

Tim asuhan pelatih Ralf Rangnick itu lolos ke 16 besar sebagai juara grup setelah menundukkan Belanda dengan skor 3-2 di Stadion Olimpiade Berlin, Selasa (25/6).

Sementara itu, satu-satunya grup yang semua kontestannya masih memiliki peluang yang sama untuk ke babak 16 besar adalah Grup E karena grup yang dihuni Belgia, Ukraina, Rumania, dan Slovakia itu semuanya sama-sama memiliki tiga poin.

Lalu dari Grup F, Portugal menjadi satu-satunya negara yang sudah memastikan lolos ke fase gugur setelah meraih dua kemenangan dari dua laga.

Lima tiket tersisa menuju babak 16 besar direbutkan oleh Hungaria, Kroasia, Rumania, Belgia, Slovakia, Ukraina, Turki, Ceko, dan Georgia.

Menariknya, atas hasil ini bracket fase gugur sebelah kiri diisi oleh tim-tim unggulan seperti Spanyol, Jerman, Portugal, dan Prancis. Duel final dini juga berpotensi terjadi di perempat final yang melibatkan Spanyol melawan Jerman dan Portugal melawan Prancis.

BACA JUGA:   Sudah Bayar Mahal Buat Endorse, Rachel Vennya Bikin Kecewa Online Shop

Sementara di sebelah kanan, Inggris dan Italia menjadi dua tim unggulan yang sudah dipastikan berada di sana bersama tim kuda hitam Austria.

Babak 16 besar Euro 2024 dimulai pada Sabtu (29/6) pukul 23.00 WIB dengan laga antara runner-up Grup A Swiss melawan runner-up Grup B Italia di Stadion Olimpiade Berlin.

Setelah itu, dua tim yang sudah dipastikan saling bertemu adalah juara Grup A sekaligus tim tuan rumah Jerman akan melawan runner-up Grup C Denmark di Signal Iduna Park, Dortmund pada Minggu (30/6) pukul 02.00 WIB.

Berikut 11 tim yang sudah lolos ke babak 16 besar Euro 2024:

Grup A

  1. Jerman
  2. Swiss

Grup B

  1. Spanyol
  2. Italia

Grup C

  1. Inggris
  2. Denmark
  3. Slovenia

Grup D

  1. Austria
  2. Prancis
  3. Belanda

Grup F

  1. Portugal.

Sumber : Antara