Lapas Pancur Batu- Sumut geledah kamar WBP cegah masuk narkoba

BATAMCLICK.COM : Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pancur Batu, Sumatera Utara, melakukan penggeledahan di kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk mencegah masuknya peredaran narkoba.

“Kegiatan ini sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka meminimalisir masuknya barang terlarang ke dalam lapas, seperti handphone, narkoba, senjata tajam dan lainnya,” ujar Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pancur Batu Jafar Ahmad di Medan, Minggu.

Jafar mengatakan penggeledahan yang dilakukan ini bersifat insidental yang digelar pada blok hunian WBP pada Sabtu malam sampai selesai.

BACA JUGA:   Viral! Bermodalkan Sapu, Emak-emak Gagalkan Pencurian Sepeda Motor

“Dari penggeledahan itu, tidak ditemukan narkoba, tapi kami mendapatkan dua handphone dan barang-barang material lainnya seperti kartu remi, dinamo dan material lainnya,” ucapnya.

Menurut dia, penggeledahan ini akan dilakukan secara rutin dari 4 – 5 kali dalam sebulan sebagai upaya memberantas narkoba, pungutan liar, ponsel dan gangguan keamanan dan ketertiban.

“Kegiatan ini juga sebagai implementasi dari tiga kunci pemasyarakatan yang semakin maju,” ucapnya.

Lapas Kelas IIA Pancur Batu berkomitmen untuk menjadikan wilayah ini bersih dari tindakan kriminal mulai narkoba, handphone dan barang barang yang mengganggu keamanan dan ketertiban yaitu dengan melakukan giat razia rutin.

BACA JUGA:   Presiden Pemuda Asia Afrika Temui Ketua Umum SMSI

Sebelumnya, Polsek Helvetia jajaran Polrestabes Medan menangkap seorang pria berinisial MA yang diduga melakukan penyeludupan narkotika jenis ganja di Rumah Tahanan Negara Kelas I Medan pada Rabu (22/5).

Dari tangan pelaku, barang bukti yang disita berupa ganja seberat 100 gram diselipkan di roti tawar, setelah itu petugas membawa ke Mapolrsek setempat untuk pemeriksaan.

Hasil dari pemeriksaan itu, MA mengaku akan memberikan barang bukti itu pada salah satu narapidana berinisial OS yang ada di Rutan Kelas I Medan tersebut.

Sumber : Antara