Perayaan Pela Gandong: HUT Pattimura ke-207 di Alun-Alun Engku Putri Batam

Batamclick.com, Batam – Dewan Pimpinan Daerah Kepri dan Dewan Pimpinan Cabang Kota Batam MASAGA (Maluku Satu Gandong) akan mengadakan kegiatan rutin tahunan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pahlawan Nasional Pattimura yang ke-207.

HUT Pattimura biasanya diperingati setiap tanggal 15 Mei. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan, dan selama tiga tahun berturut-turut, Masaga memperingati HUT Pattimura yang dipusatkan di Alun-Alun Engku Putri.

Pembina DPD Masaga Kepri dan Batam, Leonard Wattimena, bersama Deni Talakua sebagai Ketua Panitia HUT Pattimura ke-207, menyampaikan informasi ini.

BACA JUGA:   Simpati Pep Guardiola ke Mikel Arteta

Hari puncak HUT Pattimura akan diselenggarakan di Alun-Alun Engku Putri Batam Center, kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Sabtu (29/06/2024). Acara akan dimulai sore hari sekitar pukul 18.00 WIB dengan ritual Lari Obor Pattimura oleh putra-putra terbaik dan berprestasi keturunan Ambon-Maluku.

Menurut Leonard, Lari Obor telah menjadi tradisi masyarakat Maluku dalam memperingati HUT Pattimura. Tradisi ini melambangkan semangat Kapitan Pattimura yang berani melawan penjajah dan mengusir mereka dari bumi raja-raja, Maluku.

Selain lari obor, panitia juga menyiapkan atraksi budaya seperti pukul sapu, tari lenso, dan tarian cakalele khas Maluku.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Kunjungi Perajin Jala Tradisional Warga Tamansari

Deni menekankan bahwa perayaan HUT Pattimura ke-207 ini sangat istimewa karena didukung oleh sejumlah artis top asal Ambon. Walikota Batam, Bapak H. Muhammad Rudi, dan Ibu Wakil Gubernur Kepri, Hj. Marlin Agustina, juga turut mendukung acara ini.

Artis asal Ambon, Chaken Supusepa dan Devian Manuputty, akan hadir dan menggebrak alun-alun Engku Putri. Seluruh masyarakat Kota Batam, terutama yang berasal dari Maluku dan Maluku Utara, diundang untuk hadir dalam perayaan ini.

Masaga, sebagai organisasi kemasyarakatan, menjadi rumah besar bagi generasi muda Maluku yang tinggal dan bermukim di Kepri serta berbasis di Batam. Mereka memegang filosofi hidup “Ale Rasa Beta Rasa,” serta nilai-nilai Pela dan Gandong yang memperkuat persaudaraan di daerah ini.

BACA JUGA:   Pembongkaran Dinding Rumah Ngarji(57), Pra TMMD Ke 111 Kodim 0718/Pati

Sebagai organisasi independen, MASAGA juga akan menyampaikan sikap politik jelang kontestasi Pilkada Kepri dan Kota Batam melalui deklarasi di sela-sela perayaan HUT Pattimura.

Penulis: ElinEditor: Abim