Pemprov edukasi konsumen cerdas pilih makanan olahan

BATAMCLICK.COM : Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Steve Kepel mengatakan bahwa pemprov terus melakukan edukasi agar konsumen cerdas memilih makanan olahan.

“Cerdas dalam memilih makanan ini penting tidak hanya bagi konsumen, tetapi penting juga bagi produsen,” kata Sekdaprov Steve di Manado, Jumat (24/5).

Steve mengatakan bahwa pemerintah daerah dalam satuan berkala tertentu terus mengundang produsen dan lembaga layanan konsumen dalam rangka sosialisasi keberadaan atau produk-produk tertentu.

Sosialisasi yang dilakukan dengan berbagai pemangku kepentingan tersebut, menurut dia, penting untuk memberikan pemahaman kepada konsumen terkait dengan produk yang berada di pasar.

BACA JUGA:   Meski Diguyur Hujan, Polsek Sekupang Tetap Berikan Penyuluhan MPLS di SMPN 25 Tiban Indah

Konsumen diberi pemahaman suatu produk berkaitan dengan masa produksi, tanggal produksi, sampai masa kedaluwarsa barang tersebut.

“Langkah ini menjadi bagian penting untuk pembelajaran bagi konsumen, terutama produk-produk makanan, sehingga pemanfaatannya betul-betul tepat guna,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, biasanya harga barang akan turun dengan sendirinya apabila produk makanan olahan akan memasuki masa kedaluwarsa.

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus mengimbau agar konsumen untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk makanan.

“Paling tidak memperhatikan tanggal produksi dan kapan akan berakhir atau kedaluwarsa. Edukasi menjadi penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat atau konsumen,” katanya.

BACA JUGA:   Ketika Siswa SMA 1 Lingga Menjajakan Makanan Tradisional

Sumber : Antara