Selamat… SMPS 02 Ibnu Sina Kabil, Juara 3 Marching Band Competition 2023

Batamclick.com, SMP 02 Ibnu Sina Kabil meraih juara 3 dalam ajang Batam Marching Band Competition 2023 di Alun-alun Engku Putri Sabtu, (23/12/2023).

‘Sempena Bahana Gemilang’ yang merupakan nama Marching Band SMP 02 Ibnu Sina Kabil turun dikategori divisi senior melodica.

Event Marching Band Competition ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Batam.

Pembina marching band ‘Sempena Bahana Gemilang’, Sunardi mengatakan, mereka sudah melakukan persiapan selama dua bulan, dan lebih intensif sebulan terakhir. Mereka juga melakukan bandcamp di sekolah untuk mematangkan persiapan.

Marching Band Sempena Bahana Gemilang

“Persiapan dua bulan, dengan basic fisik sebelum mainkan alat. Selanjutnya persiapan satu bulan bermain musik. Rutin satu bulan full latihan,” ucapnya dijumpai di Engku Putri.

Selama dua bulan persiapan itu dikatakan Sunardi, ia lebih menitik beratkan kepada pemahaman bertanding.

BACA JUGA:   Dorong Digitalisasi Pendidikan, Telkom Turut Cetak Guru Unggul Nasional

“Gampang susah juga. Karena disini mereka harus paham bagaimana tempo yang teratur dan musik teratur,” ucapnya.

Pemusatan latihan berupa band camp juga dilaksanakan untuk menyolidkan anggota marching band dan jiwa korsa masing-masing.

“Ya agar bisa mereka saling ngerti teman-temannya satu sama lain. Ini main tim. Jika tim gagal satu maka gagal juga semua. Band camp guna menyolidkan anak anak berlatih. Kami juga display maching band yang ada di Indonesia untuk menjadi acuan dan melakukan yang terbaik,” ucapnya.

Terkat latihan fisik sebulan terakhir ini dikatakannya, karena anak-anak marching band ini dituntut jadi diri sendiri. Dalam pertandingan itu fisik akan menentukan, baik cara berjalan dan mengatur nafas bermain alat sendiri.

BACA JUGA:   Rampok-Aniaya Pemilik Kontrakan, Pemuda Ini Ditangkap Polisi

“Untuk tingkat kota ini sebenarnya belum capai target, tapi mudah-mudahan lebih baik kedepan. Ini semua tak lepas berkat perjuangan anak-anak. Saya sebagai pembina MB Sampena Bahana Gemilang juga bersama kita kerja keras dan tak lepas peran guru-guru di Ibnu Sina,” ungkapnya.

Antusias para orangtua murdi pun diakuinya luar biasa dalam mendukung kegiatan marching band.

“Mereka tentu butuh izin dari orangtua dengan latihan ini yang tidak bisa dipastikan, bisa siang bisa malam dan pagi. Dukungan orangtua mereka sangat penting,” ujarnya.

Sunardi pun membidik event selanjutnya pada tahun depan. “Mudah-mudahan lebih baik di event-event selanjutnya. Bulan 7 (2024) sesuai arahan ketua, kita akan tampil kembali dengan konsep baru,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPS 02 Ibnu Sina – Kabil, Marlianis ikut bangga atas raihan juara 3 ini.

BACA JUGA:    Polsek Bengkong Atur Arus Lalu Lintas di Titik Rawan Macet dan Kejahatan Jalanan

“Ini merupakan kerja keras anak-anak yang selama dua bulan terakhir bekerja keras dan berlatih dengan ketat” ucapnya.

Lomba ini menurutnya juga untuk melatih mental para siswa di sekolahnya yang tergabung dalam marching band.

“Ini juga melatih mental mereka agar kedepannya mereka lebih baik lagi,” harap Marlianis.