PT Timah ambil alih IUP Kobatin

BATAMCLICK.COM : PT Timah Tbk sudah mengambil alih Izin Usaha Penambangan (IUP) milik PT Kobatin pada tiga kawasan potensial di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Tiga titik yang sebelumnya masuk IUP PT Kobatin sudah diserahkan ke PT Timah, yaitu wilayah penambangan Kinari, Pungguk dan Marbuk,” kata Kabid PAM Darat PT Timah Tbk Enjang di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, atas dasar tersebut maka pihaknya berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan pemerintah daerah untuk mengamankan IUP mereka yang saat ini marak dijarah para penambang liar.

BACA JUGA:   Lanud Hang Nadim Adakan Sertifikasi Pilot Drone

“Tiga kawasan tersebut sudah masuk IUP PT Timah Tbk dan itu sesuai dengan surat keputusan dari Kementerian ESDM,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, pihaknya wajib mengamankan aset mereka dari aktivitas pemambangan bijih timah ilegal.

“Kita sudah meminta bantuan dari aparat keamanan untuk membersihkan Pungguk, Kinari dan Marbuk dari kegiatan penambangan ilegal,” ujarnya.

Kabag ops Polres Bangka Tengah Kompol Dewi mengatakan, pihaknya sudah mendapat surat perintah nomor : sprin/2649/V/PAM.3.2/2024 yang berdasarkan surat pengaman dari PT Timah Tbk karena daerah IUP eks PT Kobatin tersebut sudah diserahkan ke PT Timah.

BACA JUGA:   Hari-H Idul Adha, sebanyak 154 ribu kendaraan kembali ke Jabotabek

“Berdasarkan surat perintah tersebut kami melakukan penertiban dengan melibatkan tim gabungan yaitu TNI, Satpol PP dan DLH,” ujarnya.

Namun kata dia penertiban tahap awal hanya dalam bentuk imbauan dengan memasang spanduk larangan menambang bijih timah di Pungguk, Kinari dan Marbuk.

“Penertiban kali ini secara humanis saja, hanya imbauan dan personel kami larang membawa senjata. Namun kami berharap penambang dapat mengindahkan imbauan tersebut, sebelum dilakukan penegakan hukum,” ujarnya.

Sumber : Antara