Presiden Joko Widodo buka Sail Teluk Cenderawasih Biak

BATAMCLICK.COM: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Sail Teluk Cenderawasih (STC) Biak, Papua yang berlangsung di pantai Samau Distrik Biak Kota, Kamis.

Presiden Jokowi berharap, STC dengan menampilkan musik kultur dan produk lokal dapat terus diperkenalkan ke nasional dan bahkan internasional.

Ia mengatakan STC Biak dapat mendorong jumlah kunjungan wisatawan, kegiatan kreator dan menarik investor datang dan memajukan tanah Papua.

Menurut dia, kegiatan STC yang sangat baik ini bisa diteruskan dan ditingkatkan kreativitas inovasi dan keterlibatan masyarakat dan pelaku UMKM.

“Sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari kegiatan STC yang diselenggarakan di Biak,” harap Presiden Jokowi.

BACA JUGA:   Poles Penyengat Dengan Revitalisasi Infrastruktur & Pengembangan SDM

Sementara itu, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia selaku panitia nasional mengatakan STC 2023 dihadiri 10 ribu orang dan berlangsung sangat meriah dibanding pelaksanaan Sail lainnya.

STC Biak, menurut Bahlil, mengusung tema “Memantapkan kedaulatan maritim Indonesia di Pasifik”.

“Bahkan STC ini mendapat dukungan penuh masyarakat, pemda, jajaran TNI/Polri, Panglima TNI, BKKBN dan berbagai kementerian,” katanya.

Bahlil menyebut, STC Biak merupakan hilirisasi ekonomi biru untuk mengolah potensi kelautan dan kemaritiman di Teluk Cenderawasih khususnya di Biak Numfor.

Bupati Biak Herry Ario Naap melaporkan, pelaksanaan STC Biak dengan kegiatan ekspor perikanan dan pariwisata, diplomatik tour, temu bisnis, pameran UMKM, pentas seni budaya daerah Papua.

BACA JUGA:   Komisi IV DPRD Kepri Minta Pengawasan Dana BOS Diperketat

“Pemkab Biak Numfor mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah datang dan membuka STC di Kabupaten Biak Numfor,” sebut Bupati Herry.

Pada STC 2023 empat kabupaten sebagai penyelenggara yakni Biak Numfor, Sarmi, Waropen dan Kabupaten Yapen Kepulauan.

Sumber: Antara News