Polisi Musnahkan 1.691 Gram Sabu-Sabu di Palembang

BATAMCLICK.COM: Kepolisian Daerah Sumatera Selatan memusnahkan 1.691,89 gram sabu-sabu yang merupakan barang bukti kejahatan lintas provinsi selama Oktober hingga November 2023.

Pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 1.691,89 gram itu dilaksanakan di Mapolda Sumsel, Palembang, Kamis, dengan cara dilarutkan menggunakan blender.

Pemusnahan barang bukti itu dipimpin Kasubdit I Polda Sumsel Kompol Tri Wahyudi

Sebelum memusnahkan sabu-sabu itu, petugas Laboratorium Forensik Cabang Polda Sumsel melakukan pengecekan kadar amfetamin dan metamfetamin yang terkandung di dalam sabu. Setelah dipastikan hasil pengecekan barang bukti tersebut positif mengandung narkoba maka langsung dimusnahkan.

BACA JUGA:   Telkom Perkenalkan Potensi Gim Digital UPOINT.ID dan Dunia Games di ChinaJoy 2023

Kasubdit I Polda Sumsel Kompol Tri Wahyudi menjelaskan bahwa pemusnahan barang bukti kejahatan narkoba itu dilakukan dengan cara dilarutkan dalam air yang dicampur detergen menggunakan blender.

“Sebanyak 1.999 jiwa berhasil diselamatkan dari narkoba setelah dimusnahkan,” ujarnya.

Melihat hasil pengungkapan kasus tersebut, pihaknya bersama instansi terkait terus berupaya menghentikan pelaku kejahatan narkoba di Provinsi ini meskipun tengah fokus menyukseskan pemilu 2024.

Pemusnahan barang bukti kejahatan narkoba itu sebagai bentuk transparansi kepada publik, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 91 dan Pasal 45 ayat (4) KUHAP, yakni benda sitaan yang bersifat terlarang atau dilarang untuk diedarkan harus dimusnahkan.

BACA JUGA:   Disebut Aniaya Ibu Sendiri, Ari Wibowo Ngamuk

Sumber: Antara