Pelari Kenya raih posisi terbaik di Jakarta International Marathon

BATAMCLICK.COM : Pelari asal Kenya meraih posisiล™ g3 31 terbaik pada Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024, Minggu pagi.

Kedua pelari itu adalah Geoffrey Kiprotich Birgen untuk kategori pelari pria terbaik dan Sheila Jepkosgei Chesang menjadi pelari terbaik perempuan.

Untuk nomor pria di kategori maraton pria, Geoffrey Kiprotich Birgen (Kenya) yang terbaik diikuti Kiprop Tonui juga dari negara yang sama.

Di tempat ketiga, ada nama Bililign Yimer Ali asal Ethiopia, Joseph Mwangi Ngare dan Kenneth Kiprop Kipkemoi Kenya.

Untuk nomor wanita juara pertama ditempati Sheila Jepkosgei Chesang Kenya, kedua Careen Cheptoek Mwetich dan juara ketiga Shauline Chepkirui Koech yang juga dari negara itu.

Di tempat keempat ada Eunice Nyawira Muchiri dan tempat kelima Hellen Nzembi Musyoka.Dua wanita ini merupakan pelari asal Kenya juga.

BACA JUGA:   Dukung Germas, Jefridin Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Sehat Menuju Batam Kota Sehat

Corporate Secretary Bank BTN Ramon Armando mengatakan ada 232 pelari asing dari 32 negara memeriahkan JAKIM 2024.

Adapun 30 negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Inggris, Swedia, Belanda, Brasil, Rusia, Selandia Baru, Malawi, Serbia, Taiwan, Guam, Australia dan Kenya.

Selain itu, juga Kanada, Jerman, India, Iran, Jepang, Ethiopia, Korea Selatan, Pakistan, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, Yunani, Vietnam, Srilanka, Zambia, Italia dan Fiilipina.

Dari 30 negara itu, jumlah terbanyak berasal dari Kenya dan Jepang dengan jumlah masing-masing 56 pelari dan 48 pelari.

โ€œTotal warga negara asing (WNA) sekitar 232 pelari. Jumlah yang cukup banyak menurut kami, apalagi mereka semua berasal dari 30 negara di berbagai belahan dunia,โ€ katanya.

BACA JUGA:   Terik Matahari Tak Patahkan Semangat TNI Dan Masyarakat Dalam Bekerja

Kategori yang dilombakan adalah Marathon (42K), Half Marathon (21K) dan 10K.

Pariwisata olahraga
Sedangkan hadiah total yang disiapkan sekitar Rp3 miliar termasuk hadiah utama sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor maraton khusus bagi warga negara Indonesia (WNI).

Sementara itu Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan perseroan berbangga dan bersyukur dapat dipercaya sebagai sponsor utama perhelatan ini, setelah sukses mengadakan BTN Run pada tahun lalu.

โ€œIni pertama kalinya Jakarta memiliki ajang lari yang paling ‘clear’, steril, teratur dan rapi. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait,” katanya.

JAKIM 2024 star dimulai pukul 04.00 WIB di kawasan Monas dan finis di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Penempatan garis finis di dalam stadion GBK ini merupakan yang pertama kalinya dalam perhelatan lari di Jakarta, dalam rangka memberikan pengalaman yang unik dan berbeda bagi para peserta.

BACA JUGA:   Ronaldo Kukuhkan Rekor Golnya Lewati Pele

JAKIM 2024 diadakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 kota Jakarta.

Agenda ini merupakan ajang bergengsi dan berkelas dunia karena diakui oleh badan atletik dunia, yakni World Athletics, dengan predikat World Athletics Label Road Races.

“Ini bentuk dukungan kami terhadap terhadap Jakarta sebagai kota pariwisata olahraga,” katanya.

Nixon berharap, agenda sejenis pada 2025, pesertanya bisa mencapai lebih dari 20.000 orang dan semakin lama akan semakin banyak.

“Kita ingin seperti London Marathon dan New York Marathon yang pesertanya bisa mencapai lebih dari 50.000 orang,” katanya.

Sumber : Antara