Kabupaten Bulungan mulai terapkan Bukti Uji Kendaraan Elektronik

BATAMCLICK.COM : Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, mulai menerapkan sistem Bukti Uji Kendaraan Elektronik (BLU-e) untuk kendaraan roda empat atau lebih demi memberikan pelayanan yang efektif dan efisien.

“Kami optimistis bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan, serta meminimalkan potensi pemalsuan dokumen uji kendaraan,” kata Bupati Bulungan Syarwani di Tanjung Selor, Minggu.

Syarwani mengemukakan, selain meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan, proses uji kendaraan dan penerbitan bukti lulus uji dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

“Inovasi ini juga meminimalkan potensi pemalsuan sebab BLU-e dilengkapi dengan chip dan fitur keamanan yang canggih, sehingga sangat sulit dipalsukan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Brighton Vs Leicester: The Foxes Salip MU

Inovasi ini pun diyakini dapat meningkatkan transparansi karena data hasil uji kendaraan terintegrasi dengan sistem nasional dan dapat diakses dengan mudah oleh pihak terkait.

Penerapan BLU-e juga memacu pemilik kendaraan untuk melakukan uji kendaraan secara berkala, sehingga meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Untuk memastikan kelancaran implementasi BLU-e, Dishub Bulungan melakukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat. Sosialisasi ini dilakukan melalui berbagai media, seperti media massa, media sosial, dan pertemuan langsung dengan masyarakat.

Penerapan BLU-e di Bulungan merupakan langkah maju dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mewujudkan lalu lintas yang aman dan nyaman.

BACA JUGA:   Sebar Hoaks Bansos Kemensos, RR Raup Duit Rp1,5 Miliar dari Iklan Website

Bupati optimistis sistem ini dapat meningkatkan kepatuhan pemilik kendaraan terhadap peraturan lalu lintas dan meminimalisir angka kecelakaan.

Sumber : Antara