RS Adam Malik-Arab Saudi targetkan sesi pertama 20 kasus jantung

BATAMCLICK.COM : Rumah Sakit Adam Malik, Medan, Sumatera Utara yang melakukan kerja sama dengan bantuan operasi jantung dari King Salman Relief, Arab Saudi menargetkan 20 kasus penderita penyakit jantung dapat selesai.

“Sesi pertama ini dari 22 sampai 27 Mei ini, kami menargetkan 20 kasus yang menderita penyakit jantung dapat teratasi,” ujar Direktur Utama RS Adam Malik Zainal Safri di Medan, Rabu (22/5).

Zainal melanjutkan kerja sama antardokter dengan King Salman Relief serta Muslim World League ini dalam dua hari tersebut telah menyelesaikan lima kasus pasien yang terkena penyakit jantung.

BACA JUGA:   Alami Kecelakaan, Polisi Penembak Laskar FPI Meninggal

“Alhamdulillah, operasi penyakit jantung ini dilakukan sukses dan sangat baik dilakukan,” ucapnya.

Zainal mengatakan kerja sama dan bantuan layanan penyakit jantung yang dilakukan oleh Arab Saudi sangat didukung Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

“Pak Menteri Kesehatan sangat mendukung kerja sama pihak RS Adam Malik dan King Salman Relief dan Muslim World League, selain itu juga tidak hanya di rumah sakit ini saja,” tuturnya.

Zainal mengatakan kerja sama terhadap medis Arab Saudi sangat bagus, karena ada penambahan ilmu pengetahuan kepada tim medis yang berada di RS Haji Adam Malik.

BACA JUGA:   MUI Kritik BNPT Gegara Dianggap Buat Gaduh Lagi, Ini Sebabnya

“Kerja sama ini juga untuk transfer knowledge di kasus jantung, harapannya masyarakat yang terkena jantung apalagi anak, Insya Allah tahun ini bisa dilakukan pihak rumah sakit,” ucapnya.

Sebelumnya dalam virtual yang dilihat di RS Adam Malik, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengucapkan terimakasih kepada King Salman Relief, Arab Saudi dalam program operasi jantung.

Dikatakannya, kementerian Kesehatan juga akan mengirim dokter Indonesia ke Arab Saudi untuk melakukan pelatihan dan mengoperasikan alat bedah modern operasi jantung khususnya pada anak.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H Amodi mengatakan pihaknya selalu berkomitmen memberikan bantuan berbagai sektor di bidang kemanusiaan di antaranya di Medan tersebut.

BACA JUGA:   PM Singapura Lawrence Wong lakukan kunjungan kerja perdana ke Malaysia

Lebih lanjut, dia mengatakan program ini dilakukan oleh para ahli yang terkemuka di Arab Saudi yang dipimpin oleh profesor terkenal untuk melakukan operasi jantung tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada tim medis yang melakukan operasi jantung ini, semoga Allah senantiasa memberikan taufik dan hidayah serta balasan yang setimpal yang mengerjakan ini,” ucapnya.

Sumber : Antara