Kapolresta Barelang Dengarkan Curhatan Masyarakat Bengkong

Batamclick.com, Batam – Kegiatan rutin tiap hari Jumat, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto beserta jajarannya kembali menggelar program Jumat Curhat. Kali ini Jumat Curhat diadakan di aula Kantor Kecamatan Bengkong, Kelurahan Bengkong Sadai, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Program yang diinisiasi oleh Kapolri ini sudah menjadi rutinitas Polresta Barelang dan Polsek-polsek jajaran setiap hari Jumat. Selain meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap Polri, Jumat Curhat ini juga untuk mencari solusi pada setiap permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat

Tidak hanya dapat bertatap muka secara langsung dengan masyarakat, dalam kesempatan ini polisi juga mendengarkan berbagai uneg-uneg permasalahan tentang Kamtibmas disampaikan warga seperti kasus maraknya aksi curanmor, kenakalan remaja, pencurian dan balap liar.

Kegiatan ini dihadiri Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Kepulauan Riau (Kepri) Kombes Pol Endro Prasetyo, Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polresta Barelang Kompol Cut Putri Amelia Sari, Kapolsek Bengkong Iptu Doddy Basyir, Wakapolsek Bengkong Iptu Muhamad Kevin Ramadhan, Camat Bengkong Mohammad Fairus Ramadhan Batubara, para Pejabat Utama (PJU) Polresta Barelang, Lurah se-Kecamatan Bengkong, tokoh masyarakat, tokoh agama dan personel Polsek Bengkong serta warga.

BACA JUGA:   Martial Jamin Varane Bakal Datangkan Sukses Besar untuk MU

Dir Binmas Polda Kepri, Kombes Pol Endro Prasetyo menyampaikan, indikator kampung aman. Antara lain, warganya bisa hidup tenang, perkampungan bebas dari kejahatan maupun tindak pidana lain serta bebas peredaran narkotika dan minuman keras (miras).

“Singkatnya, kampung aman, di mana warganya ikut terlibat dalam menciptakan keamanan,” ujar Endro saat menanggapi keluhan dari salah seorang warga Perumahan Pantai Gading, Jumat (22/12/2023).

Ia meminta kepada perangkat Rukun Tetangga/Warga (RT/RW) untuk menjalankan dan menghidupkan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM).

Hal itu, kata Endro, dikarenakan pembentukan FKPM sesuai amanat Kapolri yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kapolri Nomor 737 Tahun 2005.

“Saya berharap, di tiap lingkungan warga dibentuk FKPM. Harus ada strukturnya, termasuk programnya berjalan. FKPM ini terdiri dari masyarakat dan Bhabinkamtibmas. Ketuanya dari masyarakat, sekretarisnya dari Bhabinkamtibmas,” katanya.

BACA JUGA:   PMI Batam Bekali Puluhan Wartawan Cara Lakukan Pertolongan Pertama

Dijelaskannya, tugas dan fungsinya ialah menyelesaikan tindak pidana ringan dalam rangka mewujudkan keamanan lingkungan.

“Kalau ini (FKPM, red) aktif, kita (kepolisian-red) terbantu,” sebut dia.

Sementara itu, Kapolresta Barelang menegaskan, agenda Jumat Curhat tersebut menjadi wadah untuk masyarakat menyampaikan permasalahannya terkait pelayanan masyarakat kepada stakeholder terkait. Baik dari kepolisian, TNI, Camat hingga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Kami turun langsung untuk ngobrol dengan masyarakat. Untuk mengetahui informasi yang berkembang di masyarakat, atau menerima aduan yang bisa segera direspon dan ditindaklanjuti. Jika berkaitan dengan instansi lain, kami akan berkoordinasi untuk mencarikan solusinya,” imbuhnya.

Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir akan segera melakukan patroli rutin di sejumlah titik rawan tindak kejahatan guna mencegah adanya aksi kriminal dan balap liar yang mengganggu ketentraman masyarakat.

”Saya akan segera memerintahkan personel untuk melakukan patroli rutin di beberapa kawasan, agar tidak ada lagi tidak kriminalitas dan balap liar yang dilakukan,” ucap Kapolsek.

BACA JUGA:   Kapolri Tegaskan Telah Siapkan Antisipasi Serangan Siber di KTT G20

Kapolsek juga akan terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat agar Kecamatan Bengkong bisa terus kondusif.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama stakeholder terkait untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat.

”Keamanan dan ketertiban adalah tanggung jawab kita bersama. Selain dari Polri dan TNI tentunya kita harapkan peran serta warga. Salah satunya adalah dengan aktif ronda malam. Silahkan untuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa diaktifkan kembali rondanya,” pesan Kapolsek Bengkong.

Kegiatan Jumat Curhat, setelah berdialog dengan masyarakat dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial paket sembako untuk masyarakat.