Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Tahun 2023

Batamclick.com, Batam – Sepanjang tahun 2023, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah berhasil merealisasikan anggaran sebesar Rp.33.769.545.361,-  atau sebesar 96,20% dari total anggaran yang diberikan di tahun 2023.

” Dengan keberhasilan tersebut Kantor Imigrasi Kelas I khusus TPI Batam telah melakukan Realisasi PNBP yang diperoleh sebesar Rp. 143.190.347.003,- melebihi dari target sebesar Rp.39.148.000.000,- atau capaian sebesar 365,76%,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Samuel Toba, kepada awak media, Kamis (21/12/2023).
 
Dijelaskan Samuel, dalam menjalankan fungsi pelayanan masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah menerbitkan paspor sebanyak 108.320 paspor hal tersebut mengalami peningkatan sebesar 18,38 % jika dibandingkan dengan tahun 2022.
 
” Sedangkan untuk pelayanan izin tinggal bagi WNA, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah menerbitkan sebanyak 743 permohonan ITAS, 79 permohonan ITAP dan 2197 permohonan ITK,” ungkap Samuel.
 
Dalam menjalankan fungsi keamanan dan penegakan hukum Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah berhasil melakukan Tindakan Administrasi Keimigrasian sebanyak 609 tindakan dan telah berhasil melakukan penegakan hukum melalui Pro Justitia sebanyak 5 kali dan penolakan kedatangan WNA sebanyak 38 orang.
 
Selain itu kami juga telah melakukan Penundaan Penerbitan Paspor RI baik di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam maupun Unit Layanan Paspor Harbourbay sebanyak 405 permohonan karena diduga akan digunakan untuk melakukan pekerjaan secara Non Prosedural.
 
Selanjutnya, dalam rangka pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, kami telah melakukan pencegahan keberangkatan sebanyak 8.243 orang di Pelabuhan Citra Tri Tunas, Batam Center, Sekupang, dan Bandara Hang Nadim.

BACA JUGA:   Jumlah Assist Marcus Rashford Rupanya Bikin Bingung!

” Kami juga telah turut berkoordinasi dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kepulauan Riau untuk memberikan sosialisasi dan pembekalan terkait dokumen keimigrasian kepada calon Pegawai Migran Indonesia secara berkala,” terang Samuel.

Dalam rangka mendekatkan diri  kepada masyarakat dan penyebaran informasi keimigrasian, kami telah melakukan beberapa kegiatan seperti Coffee morning dengan rekan media pers dan kegiatan sosialisasi Aplikasi M-Paspor kepada siswa siswi di SMAS Pelita Utama.
 
Sepanjang tahun 2023, Imigrasi Batam berhasil memperoleh sebanyak 7 penghargaan, yaitu:

  1. Terbaik I Kategori Penatausahaan Barang Milik Negara Kelompok Satuan Kerja Tahun 2023, BMN Award KPKNL Kota Batam;
  2. Terbaik I Pengelolaan Kehumasan dan Teknologi Informasi pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Kumham Kepri Award 2023;
  3. Terbaik I Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Kumham Kepri Award 2023;
  4. Terbaik I Pelayanan Publik teraktif dan terbanyak dilihat masyarakat se-Indonesia pada Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), KemenpanRB Tahun 2023;
  5. Terbaik I Booth Layanan Instansi/Lembaga pada South Sumatera Expo, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2023;
     
  6. Terbaik II Satuan Kerja Dengan Capaian Komitmen Penggunaan Cash Management System pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau;
  7. Terbaik III Kategori Pengelolaan Media dan Berita Sub Kategori Kantor Imigrasi Kelas I Khusus dan Kelas I, Anugerah Humas Imigrasi Indonesia Tahun 2023.
     
    Selain penghargaan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah melakukan berbagai macam inovasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dengan meluncurkan inovasi terbaru yang terdiri dari pertama yaitu Layanan Service Informasi Paspor (SIP) yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengecekan status permohonan paspor. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Samuel Toba, melalui Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kharisma Rukmana, Kamis (21/12/2023) pagi. Yang kedua oneclickmido aplikasi berbasis web yang  memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informas.
BACA JUGA:   Siasat Eks Pegawai Bank Tilap Rp 1,3 M Milik Nasabah Terungkap

Kemudian yang ketiga Layanan Informasi On The Spot dengan teknologi realtime masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan petugas imigrasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Yang keempat Efaskim merupakan aplikasi berbasis web untuk memudahkan masyarakat melakukan pengurusan sertifikat anak berkewarganegaraan ganda dan affidavit;

Dan yang terakhir Layanan Autogate di pelabuhan Citra Tri Tunas yang bertujuan untuk mepersingkat waktu pemeriksaan keimigrasian karena masyarakat dapat melakukan secara mandiri.

” Saat ini kami  juga sedang berupaya melakukan penambahan layanan autogate di Pelabuhan Batam Center,” ucap Samuel.

BACA JUGA:   Waktunya Istirahat, Bu Eny Selalu Support Moril Anggota Satgas

Dengan segala capaian ini, kami menyadari ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergitas lintas instansi. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah mendukung serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas layanan keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.

Tidak lupa kami juga turut mengapresiasi mitra kerja kami, rekan-rekan media yang sudah membantu meningkatkan citra positif dan kepercayaan publik.

” Kami akan terus berupaya untuk konsisten dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat sesuai dengan semangat tata nilai PASTI Kementerian Hukum dan HAM RI,” tutur Samuel.