Satgas Pangan Pacitan temukan produk minyakita palsu saat sidak pasar

BATAMCLICK.COM : Satgas Pangan bersama jajaran kepolisian di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Selasa menemukan produk minyak subsidi merek “minyakita” palsu/oplosan beredar toko-warung setempat, saat menggelar inspeksi mendadak (sidak).

“Kegiatan sidak ini awalnya bertujuan memantau harga produk minyakita di pasaran. Namun ternyata bukan saja masalah harga jualnya yang di atas HET, kami juga menemukan fakta bahwa produk subsidi ini telah dipalsukan,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Ketenagakerjaan Disdagnaker Pacitan Acep Suherman di Pacitan.

Sidak kali ini dikonsentrasikan di pasar induk Minulyo, Kota Pacitan.

BACA JUGA:    Baznas Kota Batam Gelontorkan Bantuan, Cawe-cawe Atasi Tengkes & Miskin Ekstrem

Petugas gabungan menelusuri satu per satu lapak di dalam pasar guna memastikan bahwa produk minyakita tersedia dan dijual sesuai HET.

Namun bukan saja menemukan bukti penjualan produk minyakita di atas HET, petugas juga mendapati minyakita tiruan yang dijual secara eceran di lapak-lapak pedagang pasar.

“Minyakita tiruan Ini dikemas hampir mirip dengan yang asli. Juga dijual lebih mahal dibanding minyakita asli,” kata Acep.

Sekilas, kata dia, minyakita tiruan ini seperti asli. Namun jika diteliti lebih seksama, maka akan terlihat bedanya.

“Di antaranya minyakita tiruan Ini dikemas dalam botol ukuran satu liter. Juga harganya, kalau dilabel Rp14 ribu, tetapi dijual Rp16 ribu,” bebernya.

BACA JUGA:   Gubernur Kepri yang Selalu Merakyat

Karena itu, Disdagnaker Pacitan meminta masyarakat lebih cerdas dan teliti sebelum memutuskan untuk membeli minyakita meskipun layak konsumsi.

Acep menambahkan, perlu dicek keterangan asal produk darimana dan mengecek ada tidaknya label distributor rekanan pemerintah.

“Cermati produk sebelum memutuskan untuk membeli meskipun layak konsumsi,” katanya.

Sumber : Antara