SAA 2024 angkat tema terkait pendidikan, pekerjaan, dan industri hijau

BATAMCLICK.COM : Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui Sekretariat Nasional Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) mengangkat tema “Inovasi menuju Indonesia Emas: Keterkaitan Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan, dan Industri Hijau” dalam Indonesia’s SDGs Action Awards (SAA) 2024.

Seperti diketahui, SAA diadakan dalam rangka mengapresiasi beragam aksi baik yang berkontribusi untuk pencapaian target TPB/SDGs.

Memasuki tahun ketiga, SAA 2024 dimulai dengan acara seremonial kick-off yang dibuka Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Vivi Yulaswati yang juga dihadiri perwakilan pemerintah daerah, korporasi, dan organisasi masyarakat sipil.

“Kita saat ini sudah pada dekade aksi 10 tahun terakhir pelaksanaan TPB/SDGs. Tepatnya, kita hanya punya 6 tahun tersisa untuk mencapai berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan pada 2030,” ujar dia sebagaimana dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

BACA JUGA:   Semangat Kerja Boleh Tapi….Tetap Jaga Faktor Keselamatan dan Selalu Patuhi Prokes

Menurut dia, dengan sisa waktu 6 tahun, dibutuhkan perhatian aksi nyata untuk mempercepat pencapaian target karena TPB/SDGs juga menjadi salah satu upaya mencapai visi Indonesia Emas 2045, sebab terkait dengan Tujuan 4: Pendidikan Berkualitas, serta Tujuan 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Lebih lanjut, Vivi mengharapkan bahwa tema yang diangkat dalam SAA 2024 dapat menarik partisipasi berbagai pihak yang menampilkan praktik terbaik dengan dampak luas bagi penerima manfaat.

Dia menegaskan urgensi tema ini dengan menjabarkan ke empat area aksi nyata, yaitu penguatan sumber daya manusia (SDM), pertumbuhan ekonomi inklusif, industri hijau, dan inovasi digital.

BACA JUGA:   Jual Perawan Rp 10 Juta, Henry Minta Jatah 30 Persen dan Memerkosanya

“Tema ini penting dan relevan untuk menjawab tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan, terutama terkait persiapan kualitas SDM menuju pekerjaan hijau dan industri hijau yang sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

SAA 2024 akan melibatkan peserta meliputi pemerintah provinsi, organisasi masyarakat sipil, filantropi, perguruan tinggi, korporasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), koperasi, start-up, serta kategori khusus pemerintah kota.

Dewan juri independen dalam SAA 2024 berasal dari kalangan akademisi, perwakilan pemerintah, perwakilan organisasi kemasyarakatan, dan para pakar pembangunan berkelanjutan.

Kementerian PPN/Bappenas mengundang berbagai pihak terlibat dalam SAA 2024 dengan registrasi melalui sdgs-awards.bappenas.go.id pada periode 22 Mei-25 Juni 2024.

BACA JUGA:   Pjanic Tak Ingin Sekadar Numpang Mampir di Barcelona

“Kami mengajak berbagai pihak untuk mendaftarkan berbagai praktik baik yang telah dilakukan untuk ikut berpartisipasi dalam pencapaian target TPB/SDGs yang selaras dengan capaian Indonesia Emas 2045,” kata dia.

Sumber : Antara