RSUP Adam Malik dan Arab Saudi kerja sama operasi jantung

BATAMCLICK.COM : Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara melakukan kerja sama dengan King Salman Relief dan Muslim World League dari Arab Saudi dalam kegiatan operasi jantung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman dan organisasi induknya King Salman Foundation,” ujar Direktur Utama RSUP Haji Adam Malik Zainal Safari di Medan, Selasa.

Zainal melanjutkan kerja sama itu dalam tiga periode. Menurutnya, periode pertama dilakukan selama tujuh hari yang akan mengerjakan bedah jantung sebanyak 20 orang.

“Termasuk nanti akan ada pasien intervensi non bedah yang akan kami siapkan, tentu pilihannya pasien yang berat,” ucapnya.

BACA JUGA:   Cristiano Ronaldo di Juventus, Dipuji dan Dicaci

Lebih lanjut, Zainal mengatakan periode kedua akan dilakukan kerja sama antara dokter RSUP Haji Adam Malik dengan King Salman Relief dan Muslim World Legue, Arab Saudi, dilakukan dari 2 sampai 9 Juni.

“Kemudian periode yang ketiga dilakukan 26 Juni sampai 2 Juli, mudah-mudahan keseluruhannya akan ditargetkan 60 sampai 70 pasien bedah jantung,” ucapnya.

Zainal mengatakan pada pasien yang melakukan operasi yang kerja sama dengan Arab Saudi tidak berbayar, karena bisa memakai kartu BPJS.

Ketua Kelompok Staf Medis Kardiovaskular RSUP Haji Adam Malik dr Faisal Habib SpJP (K) menambahkan pada operasi jantung hari ini dilibatkan tiga dokter jantung dari Arab Saudi, dua dokter jantung, dua dokter anestesi, satu dokter paru dan perawat bedah rumah sakit ini.

BACA JUGA:   Gubernur Tinjau Vaksinasi Massal IWAPI dan Polri di Tanjungpinang

“Kami berencana, dalam misi pertama ini kami akan melakukan 60 sampai 70 pasien di antaranya 20 pasien bedah, 40 sampai 50 pasien intervensi jantung non bedah, seperti pasang ring jantung, tindakan katup menyempit dan lainnya,” ucapnya.

Perwakilan King Salman Relief dan Muslim World League, Arab Saudi Dr Uthman Saad AlUthman mengatakan kerja sama ini untuk memberikan bantuan bagi yang membutuhkan.

“Di Medan masih banyak yang mengalami penyakit jantung yang komplek, hanya saja di Afrika sukses dan semoga di sini berlangsung dengan baik,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pick UP Teman Baru Tim TMMD yang Bisa Diandalkan

Uthman menambahkan misi ini terus berkelanjutan untuk membantu tindakan operasi jantung tersebut, jika ada fasilitas yang dibutuhkan akan difasilitasi dari kerajaan Arab Saudi.*

Sumber : Antara