Harga sawit Riau turun Rp1,39/kg

BATAMCLICK.COM : Harga tandan buah segar sawit Riau periode 22-28 Mei 2024 untuk umur sembilan tahun tercatat Rp2.836,29/kg atau mengalami penurunan Rp1,39/kg dibanding harga seminggu sebelumnya Rp2.837,68/kg.

“Penurunan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor turunnya harga CPO,” kata Kepala Dinas Perkebunan Riau Syahrial Abdi di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, untuk penurunan harga tertinggi berada di kelompok umur 9 tahun sebesar Rp1,39/Kg itu atau mencapai 0,05 persen dari harga minggu lalu dan harga pembelian TBS petani berlaku untuk periode satu minggu kedepan.

BACA JUGA:   Dua Penyesalan Terbesar Francesco Totti dalam Kariernya

Untuk harga cangkang katanya menyebutkan berlaku untuk satu bulan ke depan dengan Rp 22,52/Kg. Pada periode ini indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedepan yaitu 91,49 persen, harga penjualan CPO minggu ini turun sebesar Rp33,80 dan kernel minggu ini naik sebesar Rp 52,87 dari minggu lalu.

“Dalam penetapan harga TBS Provinsi Riau Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan Tim Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun selalu melakukan perbaikan tata Kelola agar penetapan harga ini sesuai dengan regulasi dan berkeadilan untuk kedua belah pihak yang bermitra,” katanya.

BACA JUGA:   Berebut ROW Jalan, PT Milenium Segera Gugat PT Leejaya

Membaiknya tata kelola penetapan harga ini merupakan upaya yang serius dari seluruh pemangku kepentingan yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau. Komitmen bersama ini pada akhirnya tentu akan berimbas pada peningkatan pendapatan petani yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu ada beberapa Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang tidak melakukan penjualan berdasarkan permentan nomor 01 tahun 2018 pasal 8 maka harga CPO dan kernel yang digunakan adalah harga rata-rata tim.

“Apabila terkena validasi 2 maka digunakan harga rata-rata KPBN. Harga rata-rata CPO KPBN periode ini adalah Rp12.118,20 dan harga rata-rata kernel KPBN periode iniadalah Rp 7.535,00,” katanya

BACA JUGA:   Lingard Ubah Takdir West Ham United

Sumber : Antara