DKP Kota Tangerang perkirakan kebutuhan hewan kurban capai 18.000 ekor

BATAMCLICK.COM : Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Banten memperkirakan kebutuhan hewan kurban untuk tahun 2024 mencapai 18.000 ekor lebih.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang, Selasa, mengatakan kebutuhan hewan kurban di Kota Tangerang pada tahun ini diperkirakan hampir sama dengan tahun 2023

Tercatat, jumlah transaksi hewan kurban yang diperjualbelikan di Kota Tangerang pada tahun kemarin mencapai 18.028 ekor yang terdiri dari 8.010 sapi, 6.500 kambing, 3.506 domba, dan 12 kerbau.

“Kami terus melakukan monitoring mengenai perkembangan ketersediaan hewan kurban di Kota Tangerang. Tahun ini, jumlah kebutuhan hewan kurban diperkirakan akan sama dengan tahun sebelumnya bahkan meningkat antara satu sampai dua persen saja,” kata Muhdorun

BACA JUGA:   Wujudkan Transparansi Informasi Publik, BP Batam Gelar FGD PERKI 1 Tahun 2021

Ia melanjutkan, Pemkot Tangerang juga mulai melakukan pendataan jumlah sekaligus lokasi titik lapak penjualan hewan kurban yang tersebar di Kota Tangerang. Terlebih, jumlah lapak penjualan hewan kurban pada tahun kemarin mencapai 251 titik.

“Kami akan terus pendataan di lapangan sekaligus melakukan pengawasan kesehatan hewan kurban dengan menyasar lapak-lapak penjualan hewan kurban yang mulai bermunculan di berbagai penjuru wilayah di Kota Tangerang,” ujarnya.

Selain itu, Pemkot Tangerang akan terus melakukan pemantauan mengenai perkembangan ketersediaan hewan kurban di Kota Tangerang secara berkala sampai menjelang Hari Raya Idul Adha 2024 pada pertengahan bulan depan.

BACA JUGA:   Penipu dengan Modus SMS Ditangkap, 2 Kali Beraksi Raup Rp 200 juta

“Kita melakukan pengawasan untuk memastikan hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat dan tidak ada yang terkena penyakit sehingga warga bisa melaksanakan kurban dengan nyaman,” ujarnya.*

Sumber : Antara