Calon Gubernur Papua Barat petahana resmi daftar ke DPW PAN

BATAMCLICK.COM : Bakal calon gubernur (bacagub) Papua Barat periode 2024-2029 Dominggus Mandacan resmi melakukan pendaftaran melalui Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) Papua Barat.

Pendaftaran calon gubernur petahana Dominggus Mandacan langsung diterima oleh Ketua DPW PAN Papua Barat Rachmat Cahyadi Sinamur bersama jajarannya di Manokwari, Selasa.

Dominggus mengatakan bahwa seluruh berkas persyaratan menjadi calon gubernur secepatnya dikembalikan ke DPW PAN untuk selanjutnya dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

“Berkas kami segera lengkapi dan kembalikan ke DPW PAN dan semoga bisa dapat surat tugas dari PAN,” kata Dominggus.

BACA JUGA:   Web Series BRI soal Literasi Perbankan Ini Rebut Perhatian Netizen

Selain PAN, kata dia, pendaftaran tersebut juga telah dilakukan ke sejumlah partai politik seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Papua Barat, Partai Demokrat Papua Barat, dan Perindo.

Ada dua surat tugas yang sudah diterima sebagai bentuk dukungan bagi dirinya untuk maju dalam pemilihan gubernur periode 2024-2029 yaitu surat tugas dari PPP dan Demokrat.

“Dalam waktu dekat saya ke Jakarta untuk mendapatkan surat tugas dari Partai Perindo,” ujar dia.

Pihaknya juga sudah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah pengurus partai pada tingkat DPP seperti Partai Golkar dan Partai Gerindra, karena tidak membuka pendaftaran bacagub pada tingkat DPD.

BACA JUGA:   Putra Baim Wong Dilarikan ke Rumah Sakit, Kenapa?

Komunikasi tersebut tidak hanya bermaksud untuk melakukan pendaftaran bacagub pada tingkat DPP melainkan memperoleh dukungan berupa surat tugas dari kedua partai politik yang dimaksud.

“Saya sudah bangun komunikasi langsung dengan pimpinan pusat,” ujar Dominggus yang juga menjabat sebagai Ketua DPD NasDem Papua Barat.

Menurut dia sosok nama wakil calon gubernur yang akan diusung berasal dari wilayah selatan Provinsi Papua Barat, namun kepastian nama itu diumumkan seiring dengan penerimaan rekomendasi.

“Pokoknya orang dari daerah selatan. Nantilah, minggu depan sudah diumumkan,” jelas Dominggus.

BACA JUGA:   Bagi Anggota Satgas Matahari Yang Terik Bukan Halangan Untuk Bekerja

Ketua DPW PAN Papua Barat Rachmat Cahyadi Sinamur menyebut ada tiga kandidat yang telah melakukan pendaftaran yaitu dua bakal calon gubernur dan satu bakal calon wakil gubernur.

Pihak DPW nantinya melakukan rapat pleno kemudian menyerahkan berkas dari tiga kandidat kepada DPP PAN, selanjutnya DPP berkewenangan menentukan kandidat mana yang akan mendapat rekomendasi.

“Dua kandidat sudah ambil berkas beberapa hari lalu dan hari ini Pak Dominggus,” ucap Rachmat.

Sumber : Antara