Umat Hindu Batam Rayakan Hari Raya Nyepi 1946 Saka

Batamclick.com, Batam – Umat Hindu Kota Batam menggelar perayaan Dharmasanti hari raya Nyepi tahun Saka 1946 tingkat Kota Batam, bertajuk,” Sat Cit Ananda” Untuk Indonesia Jaya”, yang digelar pada Minggu, 21 April 2024, siang, bertempat di Hotel Swiss Belinn Habourbay, Batu Ampar, Batam.

Hadir dalam kegiatan Kepala Kejaksaan Negeri Batam, I Ketut Kasna Dedi, Kepala DPRD Kota Batam Nuryanto, Anggota DPRD Kepri Asmin Patros, Ketua Demokrat Provinsi Kepri Aneng, Kapolresta Barelang Kombespol Dr. Nugroho Tri Nuryanto, dan para tamu undangan.

Perayaan yang dimeriahkan dengan menampilkan berbagai tarian-tarian tradisional seperti Tari Pendet dan Tari Merak . Tak lupa, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Batam, juga memberikan persembahan untuk memeriahkan suasana. Yang tak kalah menarik, gamelan khas Bali turut mengiringi kekhidmatan rangkaian acara tersebut.

BACA JUGA:   RSBP Batam dan PERKI Cab Batam - Kepri Gelar Workshop Penanganan Cepat Penyakit Jantung

Sekretaris Kota Batam Jefridin Hamid dalam dalam kesempatan tersebut mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi, mengucapkan selamat kepada umat Hindu yang sedang merayakan hari suci Nyepi.

“Mudah-mudahn kita semua dapat mengoreksi diri menjadi orang yang lebih baik kedepannya, terutama bagi para pemimpin agar dapat melaksanakan amanah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam melaksanakan tugas Negara,” kata Jefridin.

Dalam kesempatan tersebut pula, ia mengucapkan terimakasih kepada umat Hindu yang ada di Kota Batam atas kolaborasi yang telah diberikan.

“Mudah-Mudahan masyarakat Batam senantiasa rukun, damai, dan dapat berkolaborasi membangun Batam,” tambahnya.

BACA JUGA:   Hari Baik Riyad Mahrez

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Dharmasanti Nyepi Tahun Saka 1946 , I Nyoman Gede Surya Mataram mengatakan, hari raya Nyepi yang seyogyanya jatuh pada tanggal 11 Maret, 2024, lalu, yang dirayakan pada 21 April 2024, bukan tanpa alasan. Momen tersebut menurutnya sangat bagus, dimana hari tersebut juga bertepatan pada peringatan hari RA Kartini.

“Sesuai dengan tema dan bertepatan di hari Kartini maka perayaan kali ini memiliki makna habis gelap terbitlah terang, bisa menerangi hati kita untuk Indonesia lebih maju, sehingga di tahun 2045 bisa menjadi Indonesia emas,” katanya.

BACA JUGA:   Berkas Lengkap, Polri Serahkan Bupati Nganjuk dan 6 TSK Lain ke Kejari Nganjuk

Makna Sat Cit Ananda, Untuk Indonesia Jaya sendiri di jelaskan memiliki makna agar umat Hindu lebih introspeksi diri dan memperbaiki diri untuk menuju Indonesia Jaya.

Ia juga menjelaskan bahwa umat Hindu yang ada di Kota Batam dan Tanjungpinang berjumlah 950 jiwa yang juga turut memeriahkan acara perayaan tersebut, yang setiap tahun rutin dilaksanakan oleh umat Hindu di Kota Batam.

“Harapannya dengan momen-momen seperti ini yang digelar tiap tahunnya dapat menyambung silaturahmi umat Hindu yang ada di Kota Batam,” tutupnya.