Waspada Lingga Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

BATAMCLICK.COM : Wilayah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) diguyur hujan dengan intensitas yang bervariasi dari ringan hingga lebat, sejak pagi hingga malam hari pada Jumat, 21 Juni 2024. Fenomena ini diprediksi akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Adi Istyono, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, menjelaskan bahwa kondisi cuaca tersebut disebabkan oleh tekanan udara rendah di utara Laut Cina Selatan. Hal ini memicu dinamika atmosfer yang signifikan di wilayah Kepri, termasuk Kabupaten Lingga.

“Pada ketinggian 3000 feet, terpantau perlambatan angin yang menyebabkan pertumbuhan awan-awan Cumulonimbus atau awan hujan. Ini mengakibatkan hujan dari kategori ringan sampai lebat yang disertai angin kencang dan guntur,” ungkap Adi ketika dihubungi batamnews.co.id, Jumat sore, 21 Juni 2024.

BACA JUGA:   Pemkab Natuna gelar Geopark Ride 2024 untuk tarik wisatawan

Baca juga: Dinas PU Lingga Bakal Rehab Bangunan Replika Istana Damnah di Daik, Alokasikan Hampir Rp1 Miliar

Menurut Adi, fenomena ini diperkirakan akan berlanjut selama tiga hari ke depan. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak buruk yang mungkin timbul, seperti banjir, genangan air, pohon tumbang, dan tanah longsor.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya para pelaku transportasi laut dan nelayan, untuk berhati-hati menghadapi potensi angin kencang dan gelombang tinggi selama periode ini.

“Kami mengimbau masyarakat untuk lebih waspada saat cuaca buruk dan memantau kondisi cuaca melalui aplikasi Info BMKG, FB Stamet Dabo, Instagram Stamet Dabo, atau WhatsApp Grup,” saran Adi.

BACA JUGA:   Cabai Rawit Sampai Rokok Kretek Filter Pacu Inflasi Februari

Baca juga: Pemuda Peduli Lingga dan Kumpulan Ibu Rumah Tangga Kecamatan Singkep Deklarasi Dukung Muhammad Rudi Maju Pilgub Kepri

Adi menambahkan, berdasarkan prakiraan, tidak ada pasang maksimum yang diprakirakan terjadi di perairan pesisir Kabupaten Lingga dalam tiga hari ke depan, sehingga aktivitas di perairan bisa berlangsung dengan lebih aman jika cuaca memungkinkan.

BMKG terus memantau situasi dan memberikan informasi terkini kepada masyarakat untuk menghindari dan mengurangi risiko kerugian lebih lanjut akibat kondisi cuaca.